Pengaruh Pembelajaran Kimia dengan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Menggunakan Laboratorium Real dan Virtual Ditinjau dari Sikap Ilmiah Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Hidrolisis Garam Kelas XI MIPA SMA N 3 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015

PAMBUDI, TEGUH (2016) Pengaruh Pembelajaran Kimia dengan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Menggunakan Laboratorium Real dan Virtual Ditinjau dari Sikap Ilmiah Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Hidrolisis Garam Kelas XI MIPA SMA N 3 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (478Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perbedaan prestasi belajar pada pokok bahasan hidrolisis garam antara siswa yang diberi pembelajaran Learning Cycle 5E menggunakan laboratorium real dan laboratorium virtual; 2) perbedaan prestasi belajar pada pokok bahasan hidrolisis garam antara siswa yang memiliki sikap ilmiah tinggi dan sikap ilmiah rendah dan 3) interaksi antara penggunaan model pembelajaran Learning Cycle 5E menggunakan laboratorium real dan virtual dengan sikap ilmiah terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan hidrolisis. Penelitian ini merupakan eksperimen kuasi dengan Randomized Posttest-Only Comparison Group Design berfaktorial 2×2. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian terdiri dari 62 siswa yaitu 32 siswa kelas XI MIPA 2 (Learning Cycle 5E -Laboratorium Real) dan 30 siswa kelas XI MIPA 1 (Learning Cycle 5E -Laboratorium Virtual). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji non-parametrik Mann-Whitney dan Kruskal-Wallis. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) tidak ada perbedaan prestasi belajar pada pokok bahasan hidrolisis garam antara siswa yang diberi pembelajaran Learning Cycle 5E menggunakan laboratorium real dan laboratorium virtual; 2) tidak ada perbedaan prestasi belajar pada pokok bahasan hidrolisis garam antara siswa yang memiliki sikap ilmiah tinggi dan sikap ilmiah rendah dan 3) tidak ada interaksi antara penggunaan model pembelajaran Learning Cycle 5E menggunakan laboratorium real dan virtual dengan sikap ilmiah terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan hidrolisis. Kata kunci : Learning Cycle 5E, laboratorium real dan virtual, sikap ilmiah, prestasi belajar, hidrolisis garam

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 30 Jan 2016 13:57
    Last Modified: 30 Jan 2016 13:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23571

    Actions (login required)

    View Item