EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E PADA MATERI FLUIDA STATIS DITINJAU DARI KERJASAMA SISWA KELAS X MIA SMA NEGERI 4 SURAKARTA

ADITIANI, SUCI NOVIRA (2016) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E PADA MATERI FLUIDA STATIS DITINJAU DARI KERJASAMA SISWA KELAS X MIA SMA NEGERI 4 SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (472Kb) | Preview

    Abstract

    Suci Novira Aditiani. K2311074. EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E PADA MATERI FLUIDA STATIS DITINJAU DARI KERJASAMA SISWA KELAS X MIA SMA NEGERI 4 SURAKARTA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, November 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) ada tidaknya perbedaan kemampuan kognitif siswa antara penggunaan model pembelajaran learning cycle 5E metode demonstrasi dan eksperimen; 2) ada tidaknya perbedaan kemampuan kognitif siswa antara kategori kerjasama tinggi dan rendah; dan 3) ada tidaknya interaksi model pembelajaran learning cycle 5E metode demonstrasi dan eksperimen dengan kategori kerjasama tinggi dan rendah terhadap kemampuan kognitif siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA di SMA Negeri 4 Surakarta. Sampel yang terpilih adalah kelas X MIA 6 dan X MIA 7 dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik observasi untuk data kerjasama siswa dan teknik tes untuk data kemampuan kognitif siswa. Analisis data menggunakan uji ANAVA dua jalan frekuensi sel tak sama dengan taraf signifikasi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada perbedaan kemampuan kognitif siswa antara penggunaan model pembelajaran learning cycle 5E metode demonstrasi dan eksperimen (Fa= 9,89 > Ftabel= 4,08). Siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran learning cycle 5E metode eksperimen memiliki kemampuan kognitif lebih baik dibandingkan metode demonstrasi; 2) ada perbedaan kemampuan kognitif siswa antara kategori kerjasama tinggi dan rendah (Fb= 4,69 > Ftabel= 4,08). Kemampuan kognitif siswa dengan kategori kerjasama tinggi lebih baik dibandingkan kerjasama rendah; dan 3) tidak ada interaksi model pembelajaran learning cycle 5E metode demonstrasi dan eksperimen dengan kategori kerjasama tinggi dan rendah terhadap kemampuan kognitif siswa (Fab=0,14 < Ftabel= 4,08). Kata Kunci : learning cycle 5E, demonstrasi, eksperimen, kerjasama, kognitif

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 30 Jan 2016 13:35
    Last Modified: 30 Jan 2016 13:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23566

    Actions (login required)

    View Item