Teknik Modeling dengan Media Film "Semesta Mendukung" untuk Meningkatkan Motivasi Belajar (Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 14 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016)

S, WAHYU CAHYA (2016) Teknik Modeling dengan Media Film "Semesta Mendukung" untuk Meningkatkan Motivasi Belajar (Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 14 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (730Kb) | Preview

    Abstract

    Wahyu Cahya Setyoningrum. Teknik Modeling dengan Media Film “Semesta Mendukung” untuk Meningkatkan Motivasi Belajar (Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 14 Surakarta Tahun Ajaran 2015 / 2016). Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Oktober 2015. Tujuan penelitian ini adalah menguji keefektifan teknik modeling dengan media film Semesta Mendukung untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 14 Surakarta tahun pelajaran 2015 / 2016. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimental Design) dengan rancangan Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design yang terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Subjek penelitian masing-masing kelompok eksperimen dan kelompok kontrol 21 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan Mann Whitney dan Wilcoxon dengan bantuan IBM SPSS Statistic 20. Hasil analisis menunjukkan bahwa dari Uji Mann Whitney adalah 0,002 dengan signifikansi 0,05 sehingga 0,002<0,05. Jadi, terdapat perbedaan antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol setelah kelompok eksperimen diberikan treatment berupa teknik modeling dengan media film “Semesta Mendukung”. Hasil dari uji tersebut didukung dengan Uji Wilcoxon, diperoleh hasil dari Uji Wilcoxon adalah 0,001 dengan signifikansi 0,05 sehingga 0,001<0,05. Jadi, terdapat perbedaan antara nilai pretest dengan nilai postest kelompok eksperimen setelah diberikan treatment berupa teknik modeling dengan media film “Semesta Mendukung”. Kesimpulan dari penelitian ini adalah teknik modeling dengan media film “Semesta Mendukung” efektif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 14 Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Kata kunci : Teknik modeling dengan media film, motivasi belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 30 Jan 2016 13:42
    Last Modified: 30 Jan 2016 13:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23564

    Actions (login required)

    View Item