TEKNIK MODELING KOGNITIF DENGAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI MENGIKUTI PELAJARAN MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN JOMBOR 01 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2015/2016

S, NURUL ENGGAR P (2016) TEKNIK MODELING KOGNITIF DENGAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI MENGIKUTI PELAJARAN MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN JOMBOR 01 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (328Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Nurul Enggar Permana Sari. TEKNIK MODELING KOGNITIF DENGAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI MENGIKUTI PELAJARAN MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN JOMBOR 01 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Oktober. 2015. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan teknik modeling kognitif dengan talking stick untuk meningkatkan efikasi diri mengikuti pelajaran matematika pada peserta didik kelas V SDN Jombor 01 Sukoharjo Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen (quasi experimental dengan desain Two groups pretest-posttest design. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SD Negeri Jombor 01 yang memiliki efikasi diri rendah dalam mengikuti pelajaran matematika. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 20 orang, yang terdiri kelas VA berjumlah 10 orang sebagai kelompok eksperimen dan kelas VB berjumlah 10 orang sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, yaitu angket efikasi diri mengikuti pelajaran matematika yang disusun dengan mengacu pada aspek-aspek yang dikemukakan oleh Bandura (1977) yaitu level, generality, dan strength. Pelatihan untuk meningkatkan efikasi diri mengikuti pelajaran matematika menggunakan teknik modeling kognitif dengan talking stick dilaksanakan selama tiga kali pertemuan. Analisis data menggunakan teknik statistik non parametrik dengan uji mann whitney dan uji wilcoxon menggunakan bantuan SPSS 20. Hasil analisis diketahui bahwa Z sebesar -3.531 dengan nilai signifikansi 0,000. Hal tersebut menunjukkan bahwa teknik modeling kognitif dengan talking stick efektif untuk meningkatkan efikasi diri mengikuti pelajaran matematika pada peserta didik kelas V SDN Jombor 01. Kata Kunci : Efikasi Diri, Teknik Modeling Kognitif dengan Talking Stick, Sekolah Dasar. � ABSTRACT Nurul Enggar Permana Sari. COGNITIVE MODELING TECHNIQUES WITH TALKING STICK TO IMPROVE SELF EFFICACY FOLLOWING THE MATH LESSON FOR STUDENTS CLASS V IN SDN JOMBOR 01 SUKOHARJO OF THE ACADEMIC YEAR OF 2015/2016. Skripsi. Teacher Training and Education Faculty Sebelas Maret University. Oktober. 2015. The research aimed to study the effectiveness of Cognitive modeling techniques with the talking stick in improving self-efficacy following the math lesson for students class V in SDN Jombor 01 (Elementary School). This research was an experimental research with quasi experimental with Two groups pretest-posttest design. The subject of research was the students of SDN Jombor 01 who has followed the subjects of mathematics self-efficacy low. They included 20 students; VA class consisting of 10 people as an experimental group and a class VB of 10 people as a control group. The technique of selecting The technique of collecting data using questionnaires, self-efficacy questionnaire follow the math compiled with reference to the aspects suggested by Bandura (1977) that is level, generality, and strength. The training to improve self-efficacy following the math lesson employed in three repetitions. The data analysis was conducted using non-parametric statistic technique with mann whitney and wilcoxon with SPSS 20. From the result research, it could be found that Z statistic values was -3.531 with significance value of 0,000. It indicated that cognitive modeling techniques with talking stick effective to improve self-efficacy following the math lesson for students class V in SDN Jombor 01. Keywords : Self Efficacy, Modeling Techniques with Talking Stick, Elementary School.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 30 Jan 2016 12:55
    Last Modified: 30 Jan 2016 12:55
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23553

    Actions (login required)

    View Item