HUBUNGAN PENINGKATAN KEBISINGAN, PENURUNAN KECAPATAN DAN DIMENSI LEBAR SPEED BUMP DI DAERAH PERMUKIMAN

HADI, GALIH SETYO (2016) HUBUNGAN PENINGKATAN KEBISINGAN, PENURUNAN KECAPATAN DAN DIMENSI LEBAR SPEED BUMP DI DAERAH PERMUKIMAN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (96Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Galih Setyo Hadi. 2015. Hubungan Peningkatan Kebisingan, Penurunan Kecepatan, dan Dimensi Lebar Speed Bump di Permukiman. Skripsi. Program Studi Teknik Sipil. Fakultas Teknik. Universitas Sebelas Maret. Surakarta. Speed bumps merupakan salah satu alat pengendali kecepatan vertikal yang sering ditemui di ruas jalan permukiman. Speed Bumps berfungsi untuk mengendalikan kecepatan kendaraan bermotor yang melintas. Dilain sisi pemasangan speed bumps dapat meningkatkan kebisingan di daerah sekitar saat dilintasi kendaraan bermotor. Dimensi lebar speed bumps yang beragam dapat mempengaruhi kecepatan dan kebisisingan yang beragam pula. Oleh karena itu dilakukan penelitian mengenai hubungan peningkatan kebisingan, penurunan kecepatan, dan dimensi lebar alat pengendali kecepatan vertikal di permukiman. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier dan menggunakan SPSS versi 17 dengan metode enter dan stepwise. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini meliputi dimensi lebar APKV/speed bump (X1, cm) dan peningkatan kebisingan (X2, dBA) serta penurunan kecepatan pada sepeda motor dan mobil (Y, km/jam). Hasil analisa menunjukkan bahwa kebisingan memiliki korelasi yang sangat lemah terhadap penurunan kecepatan dan dimensi lebar speed bump, sehingga model persamaan yang memenuhi pengujian statistik untuk sepeda motor yaitu Y = -0,896 + 0,186X1 dengan R2 = 0,406, sedangkan untuk mobil model persamaannya Y =-2,067 + 0,176 X1, dengan r = 0,708 dan R2 = 0,502 . Model ini berlaku pada kondisi jalan perkerasan aspal di area permukiman dengan lebar jalan 3,00 m – 3,3 m yang terdapat alat pengendali kecepatan vertikal berupa speed bump dengan pemasangan secara tunggal yang terbuat dari bahan beton dengan ukuran lebar beragam dan tinggi antara 6 cm – 6,5 cm. Kata Kunci : kebisingan, kecepatan, alat pengendali kecepatan vertikal, speed bump, dimensi lebar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Sipil
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 30 Jan 2016 11:25
    Last Modified: 30 Jan 2016 11:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23530

    Actions (login required)

    View Item