Perkembangan Permukiman Wilayah Desakotasi Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo Tahun 2006-2013 (Implementasi Pembelajaran Geografi di SMA Kelas XII IPS Materi Pokok Percepatan Pertumbuhan Wilayah dan Perwilayahan)

H, FARIDA ULFAH (2016) Perkembangan Permukiman Wilayah Desakotasi Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo Tahun 2006-2013 (Implementasi Pembelajaran Geografi di SMA Kelas XII IPS Materi Pokok Percepatan Pertumbuhan Wilayah dan Perwilayahan). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (602Kb) | Preview

    Abstract

    Farida Ulfah Hidayati. PERKEMBANGAN PERMUKIMAN WILAYAH DESAKOTASI KECAMATAN MOJOLABAN KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN 2006-2013 (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA KELAS XII IPS MATERI POKOK PERCEPATAN PERTUMBUHAN WILAYAH DAN PERWILAYAHAN). Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. September 2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan perkembangan permukiman di Wilayah Desakotasi Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo Tahun 2006-2013, (2) menemukan pengaruh utilitas umum terhadap perkembangan permukiman di Wilayah Desakotasi Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo Tahun 2006-2013. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif spasial. Populasi penelitian adalah penduduk di Wilayah Desakotasi Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian adalah simple random sampling (pengambilan sample acak sederhana), ialah sampel yang diambil sedemikian rupa sehingga tiap unit penelitian atau satuan elementer dari populasi mempunyai kesempatan yang sama untuk dipilih menjadi sampel. Sampel dalam penelitian ini adalah penduduk yang memiliki pengaruh terhadap perkembangan permukiman di Wilayah Desakotasi Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis peta untuk mendeskripsikan perkembangan permukiman dan analisis statistik berupa uji chi kuadrat untuk menemukan pengaruh utilitas umum terhadap perkembangan permukiman. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Perkembangan permukiman di Wilayah Desakotasi Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo Tahun 2006-2013 yang terjadi yaitu terdapat 7 (tujuh) tipe perkembangan permukiman, yaitu perkembangan dari rumah tempat tinggal menjadi rumah tempat tinggal dan industri, rumah tempat tinggal menjadi rumah tempat tinggal dan kos, rumah tempat tinggal menjadi rumah tempat tinggal dan toko, sawah menjadi rumah tempat tinggal dan toko, sawah menjadi rumah tempat tinggal dan industri, sawah menjadi perumahan dan tegalan menjadi perumahan. Secara keseluruhan perkembangan permukiman di Wilayah Desakotasi Tahun 2006-2013 seluas 23,33 Ha. Perkembangan permukiman terbesar terjadi dari sawah menjadi perumahan dengan luas perkembangan 15,65 Ha (67,08%). Sedangkan perkembangan paling kecil yaitu dari rumah tempat tinggal menjadi rumah tempat tinggal dan kos dengan luas hanya 0,35 Ha (1,50%). (2) Utilitas umum berupa jaringan air PDAM tidak memiliki pengaruh (tidak saling bergantungan), sedangkan untuk utilitas umum berupa fasilitas kesehatan dan transportasi umum memiliki pengaruh (saling bergantungan) terhadap perkembangan permukiman di Wilayah Desakotasi Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo tahun 2006-2013. Kata Kunci : Perkembangan Permukiman, Utilitas Umum, Wilayah Desakotasi di Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo Tahun 2006-2013.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 30 Jan 2016 11:14
    Last Modified: 30 Jan 2016 11:14
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23526

    Actions (login required)

    View Item