Hubungan Kemampuan Penalaran Berbahasa dan Motivasi Menulis dengan Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri Madiun

SUMUNARINGTYAS, ESTI (2016) Hubungan Kemampuan Penalaran Berbahasa dan Motivasi Menulis dengan Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri Madiun. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (307Kb) | Preview

    Abstract

    Esti Sumunaringtyas S841408010. 2015. “Hubungan Kemampuan Penalaran Berbahasa dan Motivasi Menulis dengan Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri Madiun”. Tesis (Pembimbing I: Prof. Dr. St. Y. Slamet, M. Pd, Pembimbing II: Dr. Sumarwati, M.Pd.). Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Keterampilan menulis teks berita merupakan salah satu kompetensi menulis yang penting untuk dikuasai siswa, karena pada semester II untuk kelas VIII pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP), terdapat kompetensi dasar (KD) pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang mengharuskan siswa menulis teks berita sebagai salah satu ketuntasan menempuh mata pelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji: ada tidaknya hubungan antara kemampuan penalaran berbahasa dan keterampilan menulis teks berita; antara motivasi menulis dan keterampilan menulis teks berita; serta antara kemampuan penalaran berbahasa dan motivasi menulis secara bersama-sama dengan keterampilan menulis teks berita. Pelaksanaan penelitian ini selama enam bulan dari Juli sampai dengan Desember 2015. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei korelasional. Populasi mencakup semua siswa kelas VIII SMP Negeri di Kota Madiun, Provinsi Jawa Timur tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 14 sekolah negeri. Sampel penelitian ini berjumlah 165 siswa. Penentuan jumlah sampel dilakukan dengan teknik stratified sampling, dan cluster random sampling. Pengumpulan data keterampilan menulis teks berita menggunakan tes menulis, kemampuan penalaran berbahasa menggunakan objektif test, dan motivasi menulis dengan angket. Ketiga variabel penelitian tersebut dianalisis menggunakan regresi korelasi sederhana maupun ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ada hubungan positif antara kemampuan penalaran berbahasa dan keterampilan menulis teks berita (ry.1=0,61). Hal ini signifikan karena hasil uji t menunjukan t1 = 9,83 > tt = 1,645 dengan kontribusi 37,21%; (2) ada hubungan positif antara motivasi menulis dan keterampilan menulis teks berita (ry.2 = 0,48). Hal ini signifikan karena hasil uji t menunjukan t2 = 6,98 > tt = 1,645 dengan kontribusi 23,04%; dan (3) ada hubungan positif antara kemampuan penalaran berbahasa dan motivasi menulis secara bersama-sama dengan keterampilan menulis teks berita (Ry.12 = 0,69). Hal ini signifikan karena hasil uji F menunjukan Fo= 73,61 > Ft = 3,05 dengan kontribusi 47,61%. Kontribusi kemampuan penalaran berbahasa lebih besar dari motivasi menulis. Hal tersebut dikarenakan kemampuan penalaran berbahasa merupakan kemampuan berpikir seseorang secara logis, kritis, dan sistematis. Kemampuan berpikir yang demikian dapat membantu siswa menulis teks berita dengan kata-kata, susunan kalimat dan paragraf serta organisasi isi secara runtut dan logis. Kata kunci: kemampuan penalaran berbahasa, motivasi menulis, keterampilan menulis teks berita.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 30 Jan 2016 11:03
    Last Modified: 30 Jan 2016 11:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23524

    Actions (login required)

    View Item