Peningkatan Kemampuan Berpikir Logis dan Pengurangan Miskonsepsi Melalui Penerapan E-Module Berbasis Problem-Based Learning di Kelas X 3 SMAN Kebakkramat

WALASARI, MEMORITA (2016) Peningkatan Kemampuan Berpikir Logis dan Pengurangan Miskonsepsi Melalui Penerapan E-Module Berbasis Problem-Based Learning di Kelas X 3 SMAN Kebakkramat. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (976Kb) | Preview

    Abstract

    Memorita Walasari. K4311041. PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS DAN PENGURANGAN MISKONSEPSI MELALUI PENERAPAN E-MODULE BERBASIS PROBLEM-BASED LEARNING DI KELAS X 3 SMAN KEBAKKARAMAT. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Agustus 2015. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis dan mengurangi miskonsepsi pada materi ekologi siswa kelas X 3 SMAN Kebakkramat tahun pelajaran 2014/2015 melalui penerapan e-module berbasis Problem-Based Learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas X 3 SMAN Kebakkramat. Data diperoleh melalui observasi, tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data Hasil skor capaian miskonsepsi siklus I pada konsep populasi sebesar 59,88% dan siklus II sebesar 19,75%, konsep komunitas siklus I sebesar 54,94% dan siklus II sebesar 24,69%, konsep rantai dan jaring-jaring makanan siklus I sebesar 34,57% dan siklus II sebesar 22,53%, dan penerapan ekologi dalam konteks salingtemas siklus I sebesar 65,12% dan siklus II sebesar 42,90%. Hasil skor capaian kemampuan berpikir logis siklus I pada indikator generalisasi 51,39% dan siklus II sebesar 59,26%, indikator analogi siklus I sebesar 56,48% dan siklus II sebesar 61,11%, indikator hubungan kausal siklus I sebesar 50,46% dan siklus II sebesar 53,70%, indikator silogisme kategorial siklus I sebesar 55,56% dan siklus II sebesar 62,04%, indikator silogisme hipotesis siklus I sebesar 55,56% dan siklus II sebesar 57,41%, indikator silogisme alternatif siklus I sebesar 40,74% dan siklus II sebesar 62,96%, dan indikator entimem siklus I sebesar 48,61% dan siklus II sebesar 65,28%. Kesimpulan hasil penelitian, yaitu meningkatnya kemampuan berpikir logis dan berkurangnya miskonsepsi siswa kelas X 3 SMAN Kebakkramat tahun pelajaran 2014/2015 melalui penerapan e-module berbasis Problem-Based Learning. Kata kunci : E-module berbasis Problem-Based Learning, kemampuan berpikir logis, miskonsepsi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 30 Jan 2016 10:26
    Last Modified: 30 Jan 2016 10:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23520

    Actions (login required)

    View Item