Hubungan antara Penguasaan Kosakata dan Motivasi Belajar dengan Kemampuan Membaca Cerita (Survei pada Siswa Kelas V SD Negeri di Kecamatan Jatiroto)

Samsiyah, Siti and Andayani, and Rohmadi, Muhammad (2013) Hubungan antara Penguasaan Kosakata dan Motivasi Belajar dengan Kemampuan Membaca Cerita (Survei pada Siswa Kelas V SD Negeri di Kecamatan Jatiroto). Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1 (1). pp. 27-36. ISSN 1693-623X

[img] PDF - Published Version
Download (1329Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penguasaan kosakata dengan kemampuan membaca cerita, antara motivasi belajar dengan kemampuan membaca cerita, antara penguasaan kosakata dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan kemampuan membaca cerita. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei korelasional. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi regresi dengan signifikansi 0,05. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa penguasaan kosakata dan motivasi belajar secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama terdapat hubungan positif yang signifikan dengan kemampuan membaca cerita. bersama-sama penguasaan kosakata dan motivasi belajar memberi sumbangan sebesar 43,5% terhadap kemampuan membaca cerita. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kedua variabel tersebut dapat menjadi prediktor yang baik bagi kemampuan membaca cerita. Kata Kunci: kemampuan membaca cerita, penguasaan kosakata, motivasi belajar

    Item Type: Article
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: Ahmad Santoso
    Date Deposited: 12 Jul 2013 00:45
    Last Modified: 12 Jul 2013 00:45
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/2352

    Actions (login required)

    View Item