PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXPLICIT INTSRUCTION DENGAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PKK SISWA KELAS XI TKK SMK N 5 SURAKARTA 2014/2015

OKTAVIE, ERLITHA (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXPLICIT INTSRUCTION DENGAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PKK SISWA KELAS XI TKK SMK N 5 SURAKARTA 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (414Kb) | Preview

    Abstract

    Erlitha Oktavie. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXPLICIT INTSRUCTION DENGAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PKK SISWA KELAS XI TKK SMK N 5 SURAKARTA 2014/2015. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juni 2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan (1) Minat Belajar dan (2) Hasil Belajar pada mata pelajaran Pelaksanaan Konstruksi Kayu (PKK) dengan menerapkan MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE Explicit Instruction disertai video pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI TKK SMK Negeri 5 Surakarta dengan jumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, studi dokumentasi dan observasi. Teknik analisa data digunakan teknik analisis kualitatif interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Explicit Instruction disertai video pembelajaran pada mata pelajaran PKK dapat memperbaiki atau meningkatkan : (1) Minat belajar / bekerja siswa dengan ketuntasan penilaian berdasarkan lembar observasi penilaian minat (prasiklus 58.33%, sikus I 83.33%, siklus II 91.67%) ; (2) Hasil belajar siswa dengan ketuntasan belajar yang diperoleh dari penilaian psikomotorik atau keterampilan siswa (prasiklus 62.50%, siklus I 70.83%, siklus II 83.33%). Kata Kunci : explicit instruction, video pembelajaran, pelaksanaan konstruksi kayu, minat belajar, hasil belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TH Building construction
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Bangunan
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 30 Jan 2016 09:38
    Last Modified: 30 Jan 2016 09:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23514

    Actions (login required)

    View Item