Redesain Arena Pacuan Kuda Tegalwaton Kabupaten Semarang sebagai Wahana Rekreasi dan Edukasi dengan Pendekatan Arsitekur Bioklimatik

ULFA, FAIZATUL (2016) Redesain Arena Pacuan Kuda Tegalwaton Kabupaten Semarang sebagai Wahana Rekreasi dan Edukasi dengan Pendekatan Arsitekur Bioklimatik. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (428Kb) | Preview

    Abstract

    Redesain Arena Pacuan Kuda Tegalwaton Kabupaten Semarang sebagai Wahana Rekreasi dan Edukasi dilatarbelakangi oleh persepsi masyarakat terhadap pacuan kuda yang dikenal sebagai olahraga mahal dan elit. Selain itu, terdapat kesalahan perancangan Arena Pacuan Kuda Tegalwaton dan fasilitas-fasilitas untuk menunjang kanyamanan pengunjung yang masih sangat kurang, sehingga tujuan dari perancangan ini adalah memperoleh rancangan bangunan yang memberikan fasilitas-fasilitas pendukung olahraga berkuda dengan menerapkan prinsip Arsitektur Bioklimatik dalam mewujudkan kenyamanan thermal dan visual bagi pengunjung. Metode yang digunakan untuk menganalisis dan mengevaluasi Arena Pacuan Kuda Tegalwaton sesuai dengan prinsip Arsitektur Bioklimatik. Proses analisis pada Arena Pacuan Kuda lebih ditekankan pada pengolahan tapak, penggunaan struktur, dan aplikasi prinsip-prinsip Arsitektur Bioklimatik untuk menghasilkan rancangan yang mengutamakan kenyamanan pengunjung. Hasil yang diperoleh merupakan rancangan bangunan arena pacuan kuda yang mewadahi kegiatan pengunjung semua kalangan, yakni sebagai area pertandingan, wahana rekreasi, serta wahana edukasi bagi masya rakat luas, dengan menerapkan aplikasi dari prinsip Arsitektur Bioklimatik.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Arsitektur
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 29 Jan 2016 16:06
    Last Modified: 29 Jan 2016 16:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23500

    Actions (login required)

    View Item