STUDI TENTANG PEMBELAJARAN PENJASORKES DI SEKOLAH LUAR BIASA SE-KOTA SURAKARTA TAHUN 2010

Qowy, Abdul (2010) STUDI TENTANG PEMBELAJARAN PENJASORKES DI SEKOLAH LUAR BIASA SE-KOTA SURAKARTA TAHUN 2010. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1370Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan bidang studi pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada Sekolah Luar Biasa Se-Kota Surakarta tahun 2010. (2) Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada Sekolah Luar Biasa Se-Kota Surakarta tahun 2010. (3) Prasarana dan sarana pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada Sekolah Luar Biasa Se-Kota Surakarta tahun 2010. (4) Strategi penggelolaan dan model pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada Sekolah Luar Biasa Se-Kota Surakarta tahun 2010. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskr iptif dengan menggunakan teknik survei. Subjek penelitian ini adalah guru Penjasorkes, Kepala Sekolah, TU dan Siswa pada Sekolah Luar Biasa Se -Kota Surakarta sejumlah 40 orang, tiap sekolah diwakilkan 4 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan angket. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Seluruh Sekolah Luar Biasa Se-Kota Surakarta tahun 2010 dalam proses pembelajaran Penjasorkes sudah menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. (2) Sekolah Luar Biasa Se-Kota Surakarta tahun 2010 dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar Penjasorkes masih mengalami kendala, yaitu terdapat 20 orang (50%) yang mengatakan tidak mencukupi dan 15 orang (37,5%) yang mengatakan kurang mencukupinya jumlah guru Penja sorkes yang berdampak pada kurang efektifnya penyampaian materi pelajaran Penjasorkes kepada siswa. (3) Kurangnya prasarana dan sarana Penjasorkes di sekolah mempengaruhi kegiatan belajar mengajar Penjasorkes pada Sekolah Luar Biasa Se-Kota Surakarta tahun 2010. (4) Sekolah Luar Biasa Se-Kota Surakarta tahun 2010 sudah melaksanakan strategi pengelolaan dan model pembelajaran penjasorkes dengan baik, yaitu metode mengajar yang digunakan sudah sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan materi yang diberikan sudah sesuai dengan keadaan siswa.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Dyah Pratiwi
    Date Deposited: 12 Jul 2013 00:42
    Last Modified: 12 Jul 2013 00:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/2349

    Actions (login required)

    View Item