KARAKTERISTIK NANOKOMPOSIT FORMASI GARAM SHELLAC AMN – CLAY YANG DIPLASTISASI DENGAN POLIETILENA GLIKOL (PEG) BERAT MOLEKUL 400 Gram/mol

A, IDA FITRIYANTINA (2016) KARAKTERISTIK NANOKOMPOSIT FORMASI GARAM SHELLAC AMN – CLAY YANG DIPLASTISASI DENGAN POLIETILENA GLIKOL (PEG) BERAT MOLEKUL 400 Gram/mol. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (678Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui karakteristik nanokomposit formasi garam shellac ammonium hidroksida (AMN)-clay yang diplastisasi dengan polietilena glikol (PEG) berat molekul 400 gram/mol. Karakteristik yang diamati meliputi kualitas bahan, pengaruh ammonium hidroksida, serta sifat perintang terhadap air dari lapisan yang dihasilkan. Lapisan dibentuk menggunakan metode solution casting dengan cara melarutkan bahan ke dalam etanol 96% kemudian dievaporasi pada suhu 50 ℃ sehingga membentuk lapisan. Lapisan shellac AMN dikarakterisasi padatan tidak terlarutnya dan penentuan gugus fungsi dengan spektroskopi Fourier Transfom Infrared (FTIR). Sedangkan lapisan nanokomposit shellac AMN-clay dikarakterisasi menggunakan payne cup analysis (Water Vapour Transmission Rate-WVTR) dan difraksi sinar-X (XRD). Dari hasil uji padatan tidak terlarut menunjukkan bahwa shellac AMN lebih stabil daripada shellac waxfree. Uji spektroskopi FTIR menunujukkan bahwa adanya AMN meningkatkan intensitas absorbansi gugus O-H dan gugus C=O. Sifat perintang shellac AMN-clay nanokomposit paling baik terdapat pada konsentrasi clay 20% b/b dengan nilai WVTR sebesar 15,38 g/m2day. Hasil uji XRD menunjukkan bahwa pada konsentrasi material organik 70% b/b nilai d-spacing sebesar 16,55Å.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 29 Jan 2016 15:09
    Last Modified: 29 Jan 2016 15:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23477

    Actions (login required)

    View Item