Self-Regulated Learning Untuk Meningkatkan Kemandirian Pemilihan Karier Peserta Didik Kelas IX SMP Islam Diponegoro Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016

S, SIWI VILIA INTAN (2016) Self-Regulated Learning Untuk Meningkatkan Kemandirian Pemilihan Karier Peserta Didik Kelas IX SMP Islam Diponegoro Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (839Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Siwi Vilia Intan Sari. Self-regulated learning untuk Meningkatkan Kemandirian Pemilihan Karier Peserta Didik Kelas IX SMP Islam Diponegoro Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. September 2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan self-regulated learning untuk meningkatkan kemandirian pemilihan karier peserta didik Kelas IX SMP Islam Diponegoro tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimental Design) dengan rancangan Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design yang terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Subjek penelitian masing-masing kelompok eksperimen dan kelompok kontrol 18 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan Mann Whitney dan Wilcoxon. Hasil analisis menunjukkan bahwa dari Uji Mann Whitney adalah 0,031 dengan signifikansi 0,05 sehingga 0,031 < 0,05. Jadi, terdapat perbedaan antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol setelah kelompok eksperimen diberikan treatment self-regulated learning. Hasil uji tersebut didukung oleh Uji Wilcoxon yang diperoleh hasil 0,000. Pada taraf signifikansi 0,05 berarti 0,000 < 0,05. Jadi, terdapat perbedaan antara nilai pretest dengan nilai postest kelompok eksperimen. Simpulan penelitian ini adalah self-regulated learning efektif untuk meningkatkan kemandirian pemilihan karier peserta didik Kelas IX SMP Islam Diponegoro Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Kata kunci : Self-regulated learning, kemandirian pemilihan karier.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 29 Jan 2016 15:05
    Last Modified: 29 Jan 2016 15:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23474

    Actions (login required)

    View Item