Penerapan Metode Kolaborasi untuk Meningkatkan Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII SMP Al Irsyad Surakarta

ASTRINI, RAHAYU (2016) Penerapan Metode Kolaborasi untuk Meningkatkan Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII SMP Al Irsyad Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (1366Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan proses pembelajaran dan hasil menulis teks eksplanasi dengan menerapkan metode kolaborasi pada siswa kelas VII SMP Al Irsyad Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII C SMP Al Irsyad Surakarta yang berjumlah 19 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan teknik analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan pembelajaran metode kolaborasi dapat meningkatkan proses pembelajaran dan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa. Peningkatan pembelajaran dapat dilihat dari meningkatnya motivasi siswa, yakni dari prasiklus siswa aktif 11%, pada siklus I siswa aktif 53 %, dan siklus II menjadi 84%. Peningkatan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa terlihat dari nilai karangan siswa, yakni dari prasiklus siswa yang mencapai KKM hanya 26,32%, siklus I menjadi 31,58%, dan siklus II meningkat menjadi 84,21%. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode kolaborasi yang melibatkan teman sejawat mampu meningkatkan proses pembelajaran dan hasil menulis teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Al Irsyad Surakarta.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 29 Jan 2016 15:00
    Last Modified: 29 Jan 2016 15:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23472

    Actions (login required)

    View Item