PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI METODE FIELD TRIP PADA SISWA KELAS VII C MTs. NEGERI PACITAN

ABDAN, M. ROHMAD (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI METODE FIELD TRIP PADA SISWA KELAS VII C MTs. NEGERI PACITAN. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (198Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Muhammad Rohmad Abdan. S841402023.“Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Metode Field Trip pada Siswa Kelas VIIC MTs. Negeri Pacitan”. Tesis (Pembimbing I : Dr. Kundharu Saddhono, M. Hum. II : Dr. Sumarwati, M. Pd.) Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Program Pascasarjana. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis puisi dengan metode field trip, dan (2) meningkatkan keterampilan menulis puisi dengan metode field trip.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dikelas VIIC MTs. Negeri Pacitan, Kabupaten Pacitan dari bulan Januari sampai bulan Juni 2015. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil refleksi dijadikan dasar untuk menyusun rencana tindakan berikutnya. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VIIC. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, documentasi, dan tes. Uji validitas data dengan triangulasi, meliputi triangulasi sumber data, triangulasi metode pengumpulan data, dan review informasi kunci. Data yang terkumpul dianalisi dengan teknik deskriptif komparatif dan analisi kritis. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : pertama, penerapan metode pembelajaran field trip dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis puisi, yaitu : (a) meningkatnya perhatian siswa saat guru menyampaikan materi pelajaran, dapat dilihat dari presentase yang dicapai siswa, yaitu pada pratindakan 61,06%, siklus I 69,48%, siklus II 81,57%. (b) meningkatnya keaktifan siswa selama proses pembelajaran dapat dilihat dari presentase keberhasilan pratindakan 61,06%, siklus I 71,64%, siklus II 81,57%. (c) meningkatnya keterlaksanaan pembelajaran oleh siswa dapat dilihat dari presentase keberhasilan pratindakan 57,90%, siklus I 72,64%, siklus II 86,31%. Kedua, penerapan metode pembelajaran field trip dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi, dapat dilihat dari nilai rata-rata pratindakan 67,57 menjadi 73,90 pada siklus I dan 80,43 pada siklus II. Kata kunci: menulis, puisi, madrasah tsanawiyah negeri, peneilitian tindakan kelasfield trip.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 29 Jan 2016 14:41
    Last Modified: 29 Jan 2016 14:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23466

    Actions (login required)

    View Item