Prestasi Olahraga Angkat Besi Ditinjau Dari Kondisi Fisik, Motivasi Berprestasi, dan Kecemasan (Studi Analisis Korelasi Di Padepokan Angkat Besi dan Angkat Berat Gajah Lampung)

KURNIAWAN, CANDRA (2016) Prestasi Olahraga Angkat Besi Ditinjau Dari Kondisi Fisik, Motivasi Berprestasi, dan Kecemasan (Studi Analisis Korelasi Di Padepokan Angkat Besi dan Angkat Berat Gajah Lampung). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (46Kb) | Preview

    Abstract

    Candra Kurniawan, A121408048, 2015. Prestasi Olahraga Angkat Besi Ditinjau Dari Kondisi Fisik, Motivasi Berprestasi, dan Kecemasan (Studi Analisis Korelasi Di Padepokan Angkat Besi dan Angkat Berat Gajah Lampung). Pembimbing I: Prof. Dr. Muchsin Doewes, dr., AIFO, Pembimbing II: Prof. Dr. Kiyatno, dr., PFK., M.Or., AIFO. Tesis Pascasarjana Program Studi Ilmu Keolahragaan Universitas Sebelas Maret. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan antara kondisi fisik dengan prestasi olahraga angkat besi, (2) hubungan antara motivasi berprestasi dengan prestasi olahraga angkat besi, (3) hubungan antara kecemasan dengan prestasi olahraga angkat besi, (4) hubungan secara bersama-sama antara kondisi fisik, motivasi berprestasi, dan kecemasan dengan prestasi olahraga angkat besi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan analisis korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh lifter yang berlatih di Padepokan Gajah Lampung yang berjumlah 38 (10 lifter Angkat Berat, 20 lifter angkat besi, 8 lifter binaan usia dini). Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 sesuai dengan kriteria (lifter angkat besi dan mengikuti kejuaraan tingkat nasional). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan pengukuran terhadap variabel bebas dan terikat. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis korelasi dan regresi dengan taraf signifikansi (α=0,05). Hasil dari penelitian ini dapat dibuktikan bahwa: kondisi fisik memiliki keeratan hubungan dengan prestasi olahraga angkat besi sebesar 46,43%, motivasi berprestasi memiliki keeratan hubungan dengan prestasi olahraga angkat besi sebesar 41,86%, kecemasan memiliki keeratan hubungan dengan prestasi olahraga angkat besi sebesar 22,91%, kondisi fisik, motivasi berprestasi, dan kecemasan secara bersama-sama memiliki keeratan hubungan dengan prestasi olahraga angkat besi sebesar 56%. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis penelitian dapat disimpulkan bahwa: terdapat hubungan yang signifikan antara kondisi fisik dengan prestasi olahraga angkat besi pada taraf signifikan Thitung 3,943 > Ttabel 2,09 (α 0,05), terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi berprestasi dengan prestasi olahraga angkat besi pada taraf signifikan Thitung 3,60 > Ttabel 2,09 (α 0,05), terdapat hubungan yang signifikan antara kecemasan dengan prestasi olahraga angkat besi pada taraf signifikan Thitung 2,31 > Ttabel 2,09 (α 0,05), terdapat hubungan yang signifikan secara bersama-sama antara kondisi fisik, motivasi berprestasi, dan kecemasan dengan prestasi olahraga angkat besi pada taraf signifikan Fhitung 6,77 > Ftabel 3,24 (α=0,05). Kata Kunci: Prestasi Olahraga Angkat Besi, Kondisi Fisik, Motivasi Berprestasi, Kecemasan, Analisis Korelasi.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Ilmu Keolahragaan
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 29 Jan 2016 12:37
    Last Modified: 29 Jan 2016 12:37
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23451

    Actions (login required)

    View Item