MENINGKATKAN PENGUASAAN VOCABULARY SISWA MELALUI GRAFIK ORGANIZERS (PENELITIAN TINDAKAN KELAS TERHADAP SISWA-SISWI KELAS V SD NEGERI KENTINGAN NO. 79 SURAKARTA TAHUN AKADEMIK 2010/2011).

Purwoningsih, Titik (2011) MENINGKATKAN PENGUASAAN VOCABULARY SISWA MELALUI GRAFIK ORGANIZERS (PENELITIAN TINDAKAN KELAS TERHADAP SISWA-SISWI KELAS V SD NEGERI KENTINGAN NO. 79 SURAKARTA TAHUN AKADEMIK 2010/2011). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (783Kb)

    Abstract

    Skripsi ini ditulis untuk 1) mengetahui apakah grafik organizers dapat meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Inggris siswa 2) mengetahui partisipasi siswa dalam pembelajaran vocabulary dan 3) mengetahui minat siswa dalam pembelajaran vocabulary menggunakan grafik organizers. Penelitian ini dilaksanakan pada 30 Juli 2010 s/d 29 Oktober 2010 melalui 2 siklus di SD N Kentingan No. 79 Surakarta. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah kualitatif ( observasi dan angket) dan kuantitatif (pre test dan post test). Teknik yang digunakan dalam menganalisis hasil tes yaitu dengan membandingan nilai pre test dan post test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa grafik organizers dapat meningkatkan pengusaan vocabulary siswa. Pertama, peningkatan tersebut dapat dilihat dari perbedaan nilai rata-rata pre tes dan post tes. Nilai rata-rata pre test yakni 41. 48 sedangkan pada post tes 1 nilai rata-ratanya 67. 15, dan 79. 81 pada post tes 2. Kemudian, adanya peningkatan partisipasi siswa. Pada pertemuan pertama saat siklus pertama berlangsung, 15 siswa (45.45 %) cukup berpartisipasi dan 18 siswa partisipasinya sangat rendah. Pada pertemuan kedua siklus pertama, 5 siswa (15.15 %) partisipasinya rendah, 25 siswa (75. 75 %) cukup berpartisipasi, dan 3 siswa berpartisipasi baik saat pelajaran. Pada pertemuan pertama siklus ke 2, sebanyak 24 siswa (72. 73%) cukup berpartisipasi dan 9 siswa (27. 27 %) sudah berpartisipasi dengan baik. Pada pertemuan kedua siklus kedua 12 siswa (36.36%) cukup berpartisipasi dan 21 siswa (63. 64 %) sudah berpartisipasi dengan baik. Ketiga, peningkatan yang terjadi bisa diketahui melalui minat siswa terhadap kelas vocabulary. Mereka lebih antusias selama proses belajar mengajar. Mereka juga lebih aktif dari sebelumnya. Banyak siswa yang bersedia untuk menjawab pertanyaan di papan tulis maupun menjawab secara langsung. Saat mengerjakan latihan soal, banyak dari mereka yang bisa menyelesaikan latihan dengan cepat. Mereka juga menyukai diskusi dengan teman-temannya. Berdasarkan temuan di atas, dapat ditarik kesimpulan guru bahasa Inggris harus memilih teknik yang tepat untuk mengajar vocabulary. Teknik yang tepat untuk mengajar vocabulary adalah grafik organizers.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
    Depositing User: Users 865 not found.
    Date Deposited: 12 Jul 2013 00:43
    Last Modified: 12 Jul 2013 00:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/2345

    Actions (login required)

    View Item