EFEKTIVITAS TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF MELALUI FOCUS GROUP DISSCUSSION UNTUK MENINGKATKAN SIKAP OPEN MINDED PADA PESERTA DIDIK SMK BATIK II SURAKARTA

SAFITRI, APRILIA (2016) EFEKTIVITAS TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF MELALUI FOCUS GROUP DISSCUSSION UNTUK MENINGKATKAN SIKAP OPEN MINDED PADA PESERTA DIDIK SMK BATIK II SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (601Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Aprilia Safitri. EFEKTIVITAS TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF MELALUI FOCUS GROUP DISSCUSSION UNTUK MENINGKATKAN SIKAP OPEN-MINDED PADA PESERTA DIDIK SMK BATIK II SURAKARTA. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Oktober 2015 Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan teknik Restruktirisasi Kognitif melalui Focus Group Disscussion untuk meningkatkan sikap open-minded peserta didik kelas XI SMK II BATIK Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain control group pretest-posttest. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskripstif dan non parametrik dengan uji Wilcoxon dan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada uji Mann-Whitney skor pretest pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen adalah 0,796 (0,796 > 0,05) Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen sebelum diberikan treatment, yang berarti kedua kelompok dalam keadaan setara. Setelah pemberian treatmen, hasil posttest nilai signifikansi posttest antara kelompok kontrol yang tidak diberikan treatment dengan kelompok eksperimen yang diberikan treatment sebesar 0,023 (0,023< 0,05). Artinya hipotesis penelitian diterima, dengan peluang kesalahan pengambilan keputusan kurang dari 5%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa ada perbedaan sikap open-minded yang signifikan antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen setelah diberikan treatment. Pada uji Wilcoxon kelompok kontrol dan eksperimen mengalami peningkatan. Kelompok kontrol meningkat 0,4% dan kelompok eksperimen 47%. Simpulan dari penelitian ini adalah teknik Restruktirisasi Kognitif melalui Focus Group Disscussion efektif untuk meningkatkan sikap open-minded peserta didik kelas XI SMK II BATIK Surakarta Kata kunci: Teknik Restrukturisasi Kognitif, Focus Group Disscussion, Open-minded

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 29 Jan 2016 12:16
    Last Modified: 29 Jan 2016 12:16
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23447

    Actions (login required)

    View Item