UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DALAM SISTEM MOVING CLASS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013

MAHANANI, AMRIH (2016) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DALAM SISTEM MOVING CLASS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (303Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Amrih Mahanani. UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DALAM SISTEM MOVING CLASS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Oktober 2015. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa pada materi segitiga dan segiempat dalam sistem moving class melalui model pembelajaran Quantum Teaching pada siswa kelas VIIE SMP Muhammadiyah 7 Surakarta tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIE SMP Muhammadiyah 7 Surakarta tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 29 siswa aktif. Teknik pengumpulan data adalah dengan angket, observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data motivasi belajar matematika siswa yang diperoleh dari hasil angket, data prestasi belajar matematika siswa yang diperoleh dari tes akhir siklus, serta data pelaksanaan proses pembelajaran yang diperoleh dari observasi dan dokumentasi. Pelaksanaan model pembelajaran Quantum Teaching dilakukan dengan strategi permainan KARTU JUARA. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah jika 50% siswa kelas VIIE memiliki motivasi belajar matematika pada kategori tinggi dan 50% siswa kelas VIIE mencapai batas KKM yaitu ≥ 65. Indikator motivasi belajar siswa dilihat dari 10 aspek, diantaranya (1) Tingkat kesiapan, (2) Kemauan, (3) Perhatian, (4) Daya serap, (5) Partisipasi, (6) Keaktifan, (7) Keantusiasan siswa, (8) Kerja sama antar siswa, (9) Keingintahuan, (10) Nilai. Pada kegiatan pra siklus, diperoleh prosentase motivasi belajar matematika siswa untuk kategori sangat rendah sebesar 20,69%, kategori rendah sebesar 65,52%, kategori tinggi sebesar 13,79%, dan kategori sangat tinggi sebesar 0%. Sedangkan untuk prestasi belajar siswa belum ada yang mencapai KKM, sehingga dapat dikatakan sebesar 0% siswa mencapai KKM. Pada siklus I, diperoleh prosentase motivasi belajar matematika siswa untuk kategori sangat rendah sebesar 6,897%, kategori rendah sebesar 58,62%, kategori tinggi sebesar 34,48%, dan kategori sangat tinggi sebesar 0%. Sedangkan untuk prestasi belajar matematika siswa diperoleh prosentase sebesar 10,34% siswa yang telah mencapai KKM. Pada siklus II, diperoleh prosentase motivasi belajar matematika siswa untuk kategori sangat rendah sebesar 3,448%, kategori rendah sebesar 27,59%, kategori tinggi sebesar 65,52%, dan kategori sangat tinggi sebesar 3,448%. Sedangkan untuk prestasi belajar matematika siswa diperoleh prosentase sebesar 65,52% siswa yang telah mencapai KKM. Perubahan prosentase pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan penelitian yang sudah ditentukan bersama oleh guru dan peneliti. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar matematika siswa pada materi segitiga dan segiempat dalam sistem moving class dapat meningkat melalui penerapan model pembelajaran Quantum Teaching pada siswa kelas VIIE SMP Muhammadiyah 7 Surakarta tahun ajaran 2012/2013. Kata kunci: motivasi belajar, Quantum Teaching, moving class, penelitian tindakan kelas

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 29 Jan 2016 12:01
    Last Modified: 29 Jan 2016 12:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23444

    Actions (login required)

    View Item