Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dilengkapi Adobe Flash untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI IPA di SMA Negeri 2 Boyolali Tahun Pelajaran 2014/2015

SIDIK, TRIYAS IBNU (2016) Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dilengkapi Adobe Flash untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI IPA di SMA Negeri 2 Boyolali Tahun Pelajaran 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (94Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Triyas Ibnu Sidik. K3311077. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DILENGKAPI ADOBE FLASH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 2 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. November 2015. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) aktivitas belajar siswa; (2) prestasi belajar siswa pada materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan kelas XI IPA di SMA N 2 Boyolali tahun pelajaran 2014/2015 dengan penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dilengkapi Adobe Flash. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari dua siklus dengan tiap siklus terdiri perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 3 SMA N 2 Boyolali tahun pelajaran 2014/2015. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dilengkapi Adobe Flash dapat meningkatkan: (1) aktivitas belajar siswa pada materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Hal ini dapat dilihat dari kenaikan persentase siklus I 66,7 % menjadi 90,5 % pada siklus II; (2) prestasi belajar siswa pada materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Peningkatan prestasi belajar aspek kognitif meningkat dari 50 % pada siklus I menjadi 80 % pada siklus II. Persentase aspek afektif pada siklus I adalah 79,2 % meningkat menjadi 95,2 % pada siklus II. Kata kunci: Teams Games Tournament, aktivitas belajar, prestasi belajar, Adobe Flash, Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 29 Jan 2016 11:26
    Last Modified: 29 Jan 2016 11:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23437

    Actions (login required)

    View Item