PERANAN MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN SAMPAH (studi deskriptif kualitatif bank sampah dahlia kelurahan cempaka putih barat kecamatan cempaka putih)

R, SAZKIA ARIAS (2016) PERANAN MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN SAMPAH (studi deskriptif kualitatif bank sampah dahlia kelurahan cempaka putih barat kecamatan cempaka putih). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (495Kb) | Preview

    Abstract

    SAZKIA ARIAS R. D0311064. Peranan Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah (Studi deskriptif kualitatif Bank Sampah Dahlia kecamatan Cempaka Putih Kelurahan Cempaka Putih Barat). Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Sebelas Maret. Surakarta. 2015. Skripsi ini membahas mengenai peranan masyarakat dalam pengelolaan sampah (studi deskriptif kualitatif Bank Sampah Dahlia Kelurahan Cempaka Putih Barat Kecamatan Cempaka Putih). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peranan masyarakat dengan adanya pengelolaan sampah seperti Bank Sampah. Teori yang dignakan dalam penelitian ini adalah teori fungsionalisme structural yang dikemukakan oleh Talcot Parsons. Teori ini sering dikenal dengan skema AGIL. Parsons mengemukakan bahwa terdapat empat fungsi dalam teori ini, yaitu: adaptation, goal attainment, intregation, latency. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Untuk teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan yang digunakan berupa latar belakang dalam ikut berperan serta dalam pengelolaan sampah dan faktor-faktor apa saja yang mendorong masyarakat ikut berperan serta dalam Bank Sampah Dahlia. Kata Kunci : Peranan masyarakat, Pengelolaan Sampah, dan Komunitas

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 29 Jan 2016 10:14
    Last Modified: 29 Jan 2016 10:14
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23436

    Actions (login required)

    View Item