REPRESENTASI IDENTITAS BUDAYA JAWA DI KOTA SURAKARTA (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Pemakaian Busana Jawa di Kalangan Pelajar dan Guru di Kota Surakarta)

S, RONY GILANG CANDRA (2016) REPRESENTASI IDENTITAS BUDAYA JAWA DI KOTA SURAKARTA (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Pemakaian Busana Jawa di Kalangan Pelajar dan Guru di Kota Surakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (2329Kb) | Preview

    Abstract

    RONY GILANG CANDRA S, D0310059. Representasi Identitas Budaya Jawa di Kota Surakarta.(Studi Deskriptif Kualitatif tentang Pemakaian Busana Jawa di Kalangan Pelajar dan Guru di Kota Surakarta).SkripsiFakultas IlmuSosialdanPolitik. Universitas Sebelas Maret. Surakarta, 2015 Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan representasi identitas busana Jawa di kalangan pelajar dan guru di Kota Surakarta. Penelitian ini menggunakan teori fungsionalisme struktural yang dikemukan oleh Talcott Parsons.Jenis penelitian ini adalah deskriptif yaitu menggambarkan fenomena kebijakan pemakaian busana adat Jawa di kalangan guru dan pelajar di Kota Surakarta.Dalam metode ini peneliti melakukan observasi partisipan aktif dengan melakukan pengamatan secara langsung. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yang berjumlah sembilan orang informan yang terdiri dari enam orang guru, satu orang penjabat pemerintah, dandua orang siswa. Sementara analisis data menggunakan analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa representasi identitas budaya Jawa melalui kebijakan pemakaian busana adat Jawa di kalangan guru dan pelajar di Kota Surakarta sebagai suatu sistem sosial yang baru dibentuk, memerlukan empat kebutuhan fungsional, yaitu adaptation, goal attainment, integration, latten pattern maintenance. Secara umum, dalam tingkatan manapun sistem sosial baru sebagai rekonstruksi sosial yang dicanangkan pemerintah melalui kebijakan pemakaian busana adat Jawa akan tetap bertahan hidup jika pelaksanaannya memenuhi empat kebutuhan tersebut. Kata kunci: representasi, budaya jawa, busana adat jawa, guru dan pelajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 29 Jan 2016 09:55
    Last Modified: 29 Jan 2016 09:55
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23428

    Actions (login required)

    View Item