PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII C SMP NEGERI 16 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

P, NURUL YUDHA (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII C SMP NEGERI 16 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (521Kb) | Preview

    Abstract

    Nurul Yudha Perwita. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII C SMP NEGERI 16 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. November 2015. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas VII C SMP Negeri 16 Surakarta dengan model pembelajaran Learning Cycle 7E. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru matematika dan siswa kelas VII C SMP Negeri 16 Surakarta. Sumber data pada penelitian ini adalah lembar observasi dan catatan lapangan dari pembelajaan yang telah dilakukan. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data keterlaksaan pembelajaran dan motivasi belajar siswa. Data keterlaksanaan pembelajaran dan motivasi belajar siswa diperoleh dari hasil observasi selama proses pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif. Indikator keberhasilan motivasi belajar siswa dalam penelitian ini adalah setidaknya rata-rata persentase motivasi belajar siswa mencapai 75% dengan setiap indikator mencapai 70%. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7E yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa adalah sebagai berikut: Kegiatan Pendahuluan, guru melakukan apersepsi dengan menunjuk siswa, guru memberikan pertanyaan yang memancing rasa ingin tahu siswa, guru menginformasikan tujuan pembelajaran, guru memberikan motivasi. Kegiatan inti, guru membagi siswa ke dalam kelompok yang setiap kelompok beranggotakan 4 siswa, guru membagikan dua buah LKS pada setiap kelompok yang harus diselesaikan melalui diskusi, guru menunjuk dua kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya dan meminta kelompok yang tidak mengirimkan perwakilan untuk memberikan tanggapan atas hasil presentasi, guru meminta siswa mengerjakan latihan soal. Kegiatan penutup, guru meminta siswa kembali ke tempat duduk dan kemudian mengerjakan kuis, siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran, guru mendorong siswa menemukan aplikasi dari materi yang dipelajari dan memberikan arahan untuk pertemuan selanjutnya. Berdasarkan hasil observasi, persentase rata-rata motivasi belajar siswa pada pra siklus sebesar 52,38%. Pada siklus I rata-rata motivasi belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 19,25% menjadi 71,63% dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 8,02% menjadi 79,65%. Berdasarkan hasil observasi selama proses pembelajaran disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Learning Cycle 7E dapat meningkatkan motivasi belajar pada pembelajaran matematika siswa kelas VII C SMP Negeri 16 Surakarta tahun ajaran 2014/2015. Kata kunci: Learning Cycle 7E, motivasi belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 29 Jan 2016 09:30
    Last Modified: 29 Jan 2016 09:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23422

    Actions (login required)

    View Item