PENERAPAN PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENTS (TGT) DENGAN BANTUAN CHEMIMAGZ UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI KIMIA KOLOID KELAS XI IPA 3 SEMESTER GENAP SMA NEGERI KEBAKKRAMAT TAHUN AJARAN 2014/2015

SARI, DEWI NOURMALA (2016) PENERAPAN PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENTS (TGT) DENGAN BANTUAN CHEMIMAGZ UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI KIMIA KOLOID KELAS XI IPA 3 SEMESTER GENAP SMA NEGERI KEBAKKRAMAT TAHUN AJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (336Kb) | Preview

    Abstract

    Dewi Nourmala Sari. K3311016. PENERAPAN PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) DENGAN BANTUAN CHEMIMAGZ UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI KIMIA KOLOID KELAS XI IPA 3 SEMESTER GENAP SMA NEGERI KEBAKKRAMAT TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret, November 2015. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) meningkatkan aktivitas belajar kimia materi kimia koloid dengan menerapkan pembelajaran Team Games Tournaments (TGT) dengan bantuan Chemimagz (2) meningkatkan prestasi belajar kimia materi kimia koloid dengan menerapkan pembelajaran Team Games Tournaments (TGT) dengan bantuan Chemimagz. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus, pelaksanaan tiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri Kebakkramat tahun pelajaran 2014/2015. Data diperoleh melalui pengamatan, wawancara dengan guru, observasi, tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran kooperatif Team Games Tournaments (TGT) dibantu Chemimagz dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi koloid. Pada siklus I ketuntasan aktivitas belajar siswa adalah 92% dan pada siklus II 100%, (2) Penerapan model pembelajaran kooperatif Team Games Tournaments (TGT) dibantu Chemimagz dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi koloid kelas XI IPA 3 SMA Negeri Kebakkramat tahun ajaran 2014/2015. Pada siklus I ketuntasan belajar siswa aspek kognitif adalah 83% dan pada siklus II 89%. Ketuntasan belajar siswa untuk aspek afektif pada siklus I adalah 94% dan 98% pada siklus II.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 29 Jan 2016 08:40
    Last Modified: 29 Jan 2016 08:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23412

    Actions (login required)

    View Item