Analisis Potensi Wisata Alam di Kabupaten Purworejo Tahun 2013 (Sebagai Suplemen Bahan Ajar dalam Pembelajaran Geografi Sekolah Menengah Atas Kelas XI Kompetensi Dasar Menganalisis Bentuk - bentuk Kearifan Lokal dalam Pemanfaatan Sumber Daya Alam Bidang Pertanian, Pertambangan, Industri, dan Pariwisata)

SUGIYARTO, DESTA TRI (2016) Analisis Potensi Wisata Alam di Kabupaten Purworejo Tahun 2013 (Sebagai Suplemen Bahan Ajar dalam Pembelajaran Geografi Sekolah Menengah Atas Kelas XI Kompetensi Dasar Menganalisis Bentuk - bentuk Kearifan Lokal dalam Pemanfaatan Sumber Daya Alam Bidang Pertanian, Pertambangan, Industri, dan Pariwisata). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (579Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui potensi objek wisata alam di Kabupaten Purworejo. (2) Mengetahui kekuatan dan kelemahan yang dimiliki objek wisata alam di Kabupaten Purworejo. (3) Mengetahui arahan pengembangan wisata alam di Kabupaten Purworejo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan spasial. Populasi dalam penelitian ini adalah objek wisata alam di Kabupaten Purworejo yang berjumlah 13 objek wisata alam. Sampel yang digunakan untuk pemilihan objek wisata alam menggunakan teknik sensus dan untuk pengunjung menggunakan accidental sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah skoring dan analisis SWOT. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Potensi objek wisata alam di Kabupaten Purworejo dibagi menjadi 3 tingkat potensi yaitu objek wisata alam potensial, cukup potensial, dan kurang potensial. (2) Kekuatan atau keunggulan objek wisata alam mayoritas hanya mencakup kebersihan karena memang cenderung masih asri dan belum dikembangkan oleh pemerintah atau dinas terkait sedangkan kelemahan atau kekurangan objek wisata didominasi oleh faktor masih kurangnya daya tarik, sarana prasarana serta permasalahan akses menuju objek. (3) Arah pengembangan objek wisata alam di Kabupaten Purworejo antara lain: Kelompok 1: menjadikan Pantai Jatimalang sebagai objek wisata utama, melakukan publikasi dan promosi, menambah sarana bermain, menambah trayek angkutan umum, membangun pemecah ombak, menambah daya tarik berupa kesenian khas daerah, melakukan penghijauan sebagai peneduh dan menambah atraksi. Kelompok 2: menjadikan objek wisata alam Goa Seplawan sebagai objek wisata utama, menambah sarana prasarana, melakukan promosi, memperbaiki akses jalan, memberi informasi dan petunjuk adanya objek wisata lain di dekat Goa Seplawan, membentuk desa wisata di Desa Donorejo dan Tlogoguwo. Kelompok 3: menjadikan Goa Gong sebagai objek wisata utama, membangun wahana bermain, membangun sarana dan prasarana, melakukan promosi, meningkatkan pengawasan terhadap penyalahgunaan objek wisata. Kelompok 4: menjadikan Curug Muncar sebagai objek wisata utama, membangun wahana bermain sesuai topografi, membangun akses jalan yang lebih baik, melakukan promosi, melakukan reboisasi, menjadikan kawasan wisata sekaligus sebagai kawasan konservasi. Kata kunci: Potensi, Objek wisata alam, Pengembangan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 29 Jan 2016 08:34
    Last Modified: 29 Jan 2016 08:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23411

    Actions (login required)

    View Item