Pelaksanaan Pengelolaan Parkir di Kabupaten Wonogiri Berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah

VAUNDRA, VANRICK ADHI (2016) Pelaksanaan Pengelolaan Parkir di Kabupaten Wonogiri Berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (817Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pengelolaan parkir di Kabupaten Wonogiri berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah dan meneliti apa sajakah yang menjadi kendala dalam pelaksanaannya kemudian mencoba untuk menemukan solusi atas kendala-kendala tersebut. Penelitian ini diambil dengan metode penelitian hukum empiris dengan sifat penelitian deskriptif. Dalam peneltian ini juga menggunakan pendekatan kualitatif dengan bahan hukum primer berupa wawancara dan bahan hukum sekunder berupa perundang-undangan, buku-buku maupun dokumen resmi lainnya serta bahan hukum tertier berupa Kamus Besar Bahasa Indonesia, ensiklopedia dan lain-lain serta teknik analisis bahan hukum secara analisis interaktif mulai dari mereduksi data, penyajian data hingga penarikan kesimpulan. Adapun simpulan pada penelitian ini, pelaksanaan pengelolaan parkir di Kabupaten Wonogiri telah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah dibuktikan dengan lahirnya Peraturan Daerah sebagai peraturan yang secara lebih khusus mengatur tentang perparkiran di Kabupaten Wonogiri. Peraturan Daerah tersebut adalah Peraturan Daerah Kabupaten Wonogiri Nomor 1 Tahun 2012 tentang Retribusi Jasa Umum dan Peraturan Daerah Kabupaten Wonogiri Nomor 2 Tahun 2012 tentang Retribusi Jasa Usaha, di mana terdapat dua sistem pengelolaan parkir yaitu penunjukan dan lelang pada pihak ketiga yang nantinya akan melakukan pelaksanaan dan pengawasan parkir dengan masih ada pengawasan dari pemerintah daerah sendiri. Walaupun hasil penelitian ini memperlihatkan pelaksanaan pengelolaan perparkiran di Kabupaten Wonogiri sudah baik namun hasilnya masih kurang maksimal dikarenakan beberapa kendala yang nantinya penulis akan mengungkapkan beberapa saran pada akhir bagian.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 28 Jan 2016 18:16
    Last Modified: 28 Jan 2016 18:16
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23406

    Actions (login required)

    View Item