Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Sosiologi pada Siswa Kelas X IIS 4 SMA Batik 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015

A, SHINTA JUWITA (2016) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Sosiologi pada Siswa Kelas X IIS 4 SMA Batik 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (42Kb) | Preview

    Abstract

    Abstrak Shinta Juwita Anggraeni. K8411064. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SOSIOLOGIPADA SISWA KELAS X IIS 4 SMA BATIK 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi,Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. September 2015. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar Sosiologi pada siswa kelas X IIS 4 SMA Batik 1 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IIS 4 SMA Batik 1 Surakarta yang terdiri dari 47 siswa. Sumber data utama berasal dari guru dan siswa. Teknik utama yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan observasi dan tes, sedangkan teknik pendukung menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar Sosiologi pada siswa kelas X IIS 4 SMA Batik 1 Surakarta. Dalam penelitian ini, hasil belajar siswa yang dimaksud meliputiprestasi belajar kognitif dan keaktifan pembelajaran sebagai aspek psikomotorik. Berdasarkan tes kognitif siklus I persentase hasil belajar kognitif peserta didik adalah 72% dengan nilai rata-rata kelas 71,04, kemudian meningkat menjadi 96% dengan nilai rata-rata kelas 80,49 pada siklus II. Untuk penilaian psikomotorik pada aktivitas pembelajaran persentase ketercapaian pada siklus I adalah 79% kemudian meningkat menjadi 91,48% pada siklus II. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar Sosiologi pada siswa kelas X IIS 4 SMA Batik 1 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015. Kata kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Teams Games Tournament (TGT), Keaktifan dan Prestasi Belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sosiologi Antropologi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 28 Jan 2016 18:11
    Last Modified: 28 Jan 2016 18:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23403

    Actions (login required)

    View Item