STABILISASI TANAH LEMPUNG PLASTISITAS TINGGI PADA INDEKS LIKUIDITAS 1 DAN 1.25 MENGGUNAKAN SEMEN DENGAN VARIASI FAKTOR AIR SEMEN

YUNASHIRSON, NOR FATA (2016) STABILISASI TANAH LEMPUNG PLASTISITAS TINGGI PADA INDEKS LIKUIDITAS 1 DAN 1.25 MENGGUNAKAN SEMEN DENGAN VARIASI FAKTOR AIR SEMEN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (95Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Nor Fata Yunashirson, 2015. Stabilisasi Tanah Lempung Plastisitas Tinggi pada Indeks Likuiditas 1 dan 1.25 Menggunakan Semen dengan Variasi Faktor Air Semen. Skripsi, Program Studi Teknik Sipil. Fakultas Teknik. Universitas Sebelas Maret. Surakarta. Stabilisasi tanah merupakan salah satu upaya untuk memperbaiki karakteristik pada tanah bermasalah. Tanah lempung plastisitas tinggi termasuk dalam tanah bermasalah karena mempunyai daya dukung rendah. Salah satu metode untuk meningkatkan daya dukung adalah stabilisasi tanah lempung menggunakan semen. Penelitian ini menggunakan tanah lempung plastisitas tinggi dari daerah Sukoharjo yang dikontrol kadar airnya pada Indeks Likuiditas (LI) 1 dan 1.25. Stabilisasi tanah ini berfokus pada peningkatan daya dukung tanah dengan variasi semen:tanah (5%, 10% dan 15% terhadap berat basah tanah) dan variasi Faktor Air Semen/FAS (20%, 25%, 30% dan 35% terhadap berat semen kering yang dibutuhkan). Pengujian Unconfined Compressive Strength (UCS) dilakukan pada 0, 3, 7 serta 14 hari saat kondisi tak-terendam dan terendam. Data pengujian digunakan sebagai input data analisis untuk mendapatkan kuat tekan tanah yang dihasilkan. Hasil pengujian UCS didapat grafik hubungan antara kuat tekan dengan proporsi semen:tanah, proporsi FAS dan perawatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kuat tekan tanah meningkat dengan meningkatnya proporsi semen:tanah; meningkatnya FAS, dan meningkatnya masa perawatan. Pada kadar air LI = 1 dan kondisi tak-terendam p kuat tekan yang dihasilkan lebih tinggi dari pada LI = 1.25 dan kondisi terendam. Ini terbukti bahwa penggunaan semen dengan variasi FAS dapat meningkatkan kekuatan tanah pada tanah lempung plastisitas tinggi. Kata Kunci: Stabilisasi tanah; Tanah lempung plastisitas tinggi; variasi semen:tanah; variasi FAS; UCS.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Sipil
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 28 Jan 2016 17:16
    Last Modified: 28 Jan 2016 17:16
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23383

    Actions (login required)

    View Item