EFEKTIVITAS UNIT PELAKSANA TEKNIS DAERAH (UPTD) RUMAH SEWA DINAS PEKERJAAN UMUM KOTA SURAKARTA DALAM PENGELOLAAN RUSUNAWA JURUG

RISMAWATI, NIKA DWI (2016) EFEKTIVITAS UNIT PELAKSANA TEKNIS DAERAH (UPTD) RUMAH SEWA DINAS PEKERJAAN UMUM KOTA SURAKARTA DALAM PENGELOLAAN RUSUNAWA JURUG. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (600Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Nika Dwi Rismawati, D 1113015, Efektivitas Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Rumah Sewa Dinas Pekerjaan Umum Kota Surakarta Dalam Pengelolaan Rusunawa Jurug, Skripsi. Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas SebelasMaret, Surakarta, 2015 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Rumah Sewa Dinas Pekerjaan Umum Kota Surakarta dalam pengelolaan Rusunawa Jurugdan faktor-faktor yang mempengaruhi pencapaian efektivitas Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Rumah Sewa Dinas Pekerjaan Umum Kota Surakarta dalam pengelolaan Rusunawa Jurug. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif yang menggambarkan fenomena yang sebenarnya terjadi dilapangan. Adapun sumberdata diperoleh melalui proses wawancara dengan informan dan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara observasi, dokumentasi, dan wawancara. Uji validitas data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi dataya itu menguji data yang sejenis dari berbagai sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian pelaksanaannya pengelolaan Rusunawa Jurug yang didasarkan pada Permenpera No. 14 Tahun 2007 sudah berjalan efektif. Hal ini dapat dilihat dari pemanfaatan fisik bangunan Rusunawa yang sudah sesuai dengan peruntukannya, juga sasaran penghuni Rusunawa dimana sebagian besar sudah sesuai dengan sasarannya yaitu masyarakat yang berpenghasilan rendah, mesti masih juga terdapat beberapa penghuni yang bukan termasuk dalam golongan tersebut. Pengelolaan administrasi juga kurang berjalan baik, dan secara kelembagaan pengelolaan Rusunawa Jurug sudah dilakukan dengan maksimal meski dalam keterbatasan SDM yang ada pada UPTD Rumah Sewa. Demikian juga pendampingan, monitoring dan evaluasi dilakukan secara berkala yaitu dua kali setahun, sehingga permasalahan yang muncul dapat diselesaikan dengan lebih cepat. Untuk pengawasan dan pengendalian dalam hal ini UPTD Rumah Sewa melakukan kerjasama dengan para penghuni dan masyarakat sekitar dalam rangka meminimalisir adanya kegiatan negatif baik yang dilakukan oleh penghuni maupun pihak lainnya. Pelaksanaan pengawasan dan pengendalian yang dilakukan oleh UPTD Rumah Sewa kurang dapat berjalan dengan efektif dikarenakan keterbatasan SDM, sehingga dalam pelaksanaan lapangannya seringkali pengawasan dan pengendalian yang dilakukan tidak berjalan sesuai dengan ketentuan yang ada.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 28 Jan 2016 17:01
    Last Modified: 28 Jan 2016 17:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23379

    Actions (login required)

    View Item