PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PROGRAM CSR PT APAC INTI CORPORA DALAM RANGKA MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DAN KESEHATAN

MAWADDAH, MIFTACHUL (2016) PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PROGRAM CSR PT APAC INTI CORPORA DALAM RANGKA MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DAN KESEHATAN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (49Kb) | Preview

    Abstract

    MIFTACHUL MAWADDAH, D0211063, PROGRAM CSR PT APAC INTI CORPORA DALAM RANGKA MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DAN KESEHATAN (Studi Deskriptif Kualitatif Persepsi Masyarakat Terhadap Program-Program CSR PT Apac Inti Corpora, Semarang, Jawa Tengah, Dalam Bidang Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Kesehatan). PT Apac Inti Corpora memiliki divisi Legal dan Public Relations yang bertugas untuk menjaga hubungan baik perusahaan dengan stakeholders perusahaan. Salah satu stakeholders perusahaan ini adalah masyarakat Kelurahan Harjosari. Bentuk kepedulian PT Apac Inti Corpora terhadap masyarakat Harjosari adalah dilaksanakannya program-program CSR dalam bidang pendidikan dan kesehatan secara berkelanjutan. Program CSR bidang pendidikan dan kesehatan ini bertujuan untuk membangun hubungan yang positif dengan masyarakat dan membantu meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat, serta berupaya untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses fasilitas layanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program CSR bidang pendidikan dan kesehatan PT Apac Inti Corpora, untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan program, serta mengetahui persepsi masyarakat terhadap program-program tersebut. Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan, memaparkan, menuturkan dan menganalisa data yang ada secara mendalam. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive sampling. Metode analisa data yang digunakan analisis data secara kualitatif dan untuk menguji validitas data dilakuakan dengan triangulasi sumber data. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa kegiatan CSR bidang pendidikan dan kesehatan PT Apac Inti Corpora dilakukan dengan beberapa tahapan yang meliputi: (1) melakukan observasi lapangan untuk menentukan permasalahan dan sasaran program, (2) merencanakan program CSR berdasarkan temuan lapangan dengan melibatkan masyarakat, (3) melaksanakan program-program CSR bidang pendidikan dan kesehatan dengan koordinasi yang erat dengan masyarakat agar program berjalan sesuai rencana, (4) melakukan evaluasi rutin secara internal maupun bersama dengan masyarakat untuk membuat acuan rekomendasi untuk program-program selanjutnya. Masyarakat memberikan persepsi yang positif terhadap program-program CSR bidang pendidikan dan kesehatan PT Apac Inti Corpora. Berawal dari pengetahuan masyarakat mengenai program-program CSR perusahaan, masyarakat kemudian dapat memberikan persepsinya mengenai kegiatan-kegiatan tersebut. Masyarakat menaruh harapan yang besar terhadap program-program CSR PT Apac Inti Corpora untuk menjadi lebih baik dan lebih luas manfaat untuk kedepannya. Kata kunci : Persepsi, Corporate Social Responsibility

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 28 Jan 2016 16:15
    Last Modified: 28 Jan 2016 16:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23370

    Actions (login required)

    View Item