EVALUASI SALURAN DISTRIBUSI DALAM UPAYA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA PT. SUARA MERDEKA PRESS KANTOR PERWAKILAN SURAKARTA

SARI, APRI HANGGORO (2006) EVALUASI SALURAN DISTRIBUSI DALAM UPAYA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA PT. SUARA MERDEKA PRESS KANTOR PERWAKILAN SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (706Kb)

    Abstract

    ABSTRAK EVALUASI SALURAN DISTRIBUSI DALAM UPAYA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA PT. SUARA MERDEKA PRESS KANTOR PERWAKILAN SURAKARTA Seiring dengan perkembangan perekonomian di era globalisasi sekarang ini, masalah persaingan adalah hal utama yang dihadapi oleh perusahaan. Hal tersebut menjadi suatu dorongan bagi perusahaan untuk mampu memahami dan mempunyai suatu strategi yang baik untuk dapat mencapai apa yang menjadi tujuan perusahaan. Salah satu hal yang sangat berpengaruh dalam usaha untuk meningkatkan volume penjualan pada PT. Suara Merdeka Press Kantor Perwakilan Surakarta adalah terhadap pemilihan saluran distribusi yang tepat. Pada saat ini PT. Suara Merdeka Press Kantor Pewakilan Surakarta menggunakan dua macam saluran, yaitu saluran distribusi langsung dan saluran distribusi tidak langsung. Berpijak pada uraian diatas yang menjadi permasalahan adalah saluran distribusi manakah yang lebih efektif antara saluran distribusi langsung dan tidak langsung. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk melihat tingkat keefektifan antara saluran distribusi lansung dan tidak langsung pada PT. Suara Merdeka Press Kantor Perwakilan Surakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode wawancara dan dokumentasi dengan pihak PT. Suara Merdeka Press Kantor Perwakilan Surakarta. Dengan membandingkan biaya distribusi terhadap volume penjualan pada masing-masing saluran distribusi yang digunakan PT. Suara Merdeka Press Kantor Perwakilan Surakarta, adalah teknik yang digunakan untuk mengetahui tingkat keefektifan antara saluran distribusi langsung dan tidak langsung. Berdasarkan analisis data yang telah dilaksanakan, hasil yang diperoleh yaitu bahwa untuk prosentase biaya ditribusi saluran tidak langsung lebih kecil dibandingkan prosentase biaya distribusi langsung, untuk prosentase volume penjualan saluran distribusi tidak langsung lebih besar dibandingkan pada prosentase volume penjualan pada saluran distribusi langsung. Pada pembagian biaya distribusi terhadap volume penjualan, biaya distribusi untuk saluran langsung lebih besar dibandingkan biaya distribusi untuk saluran tidak langsung. Berdasarkan hasil analisa dan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa saluran distribusi tidak langsung lebih efektif dibandingkan saluran distribusi langsung. Dari kesimpulan yang disampaikan, maka saran yang dapat diberikan kepada PT. Suara Merdeka Press Kantor Perwakilan Surakarta adalah perusahaan tetap mengadakan pembinaan terhadap para agen dan tenaga penjual agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik dan untuk meningkatkan penjualan, memperluas jaringan pemasaran, pemberian bonus kepada pelanggan atau para agen agar tercipta loyalitas, pembuatan anggaran distribusi secara cermat, dan pemberian bonus kepada SPG agar dapat menjaring pelanggan-pelanggan baru.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Saputro Bagus
    Date Deposited: 12 Jul 2013 00:38
    Last Modified: 12 Jul 2013 00:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/2337

    Actions (login required)

    View Item