PENGARUH DEWAN DIREKSI, KOMISARIS INDEPENDEN, KOMITE AUDIT, DAN KUALIATAS AUDIT TERHADAP MANAJEMEN LABA MENJELANG PERUSAHAAN IPO: Studi Kasus Perusahaan Yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2013

, JIMO (2016) PENGARUH DEWAN DIREKSI, KOMISARIS INDEPENDEN, KOMITE AUDIT, DAN KUALIATAS AUDIT TERHADAP MANAJEMEN LABA MENJELANG PERUSAHAAN IPO: Studi Kasus Perusahaan Yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2013. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (355Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dewan direksi, komisaris independen, komite audit, dan kualitas audit terhadap manajemen laba pada saat perusahaan melakukan Initial Public Offerings di Bursa Efek Indonesia. Kualitas audit diproksikan dengan ukuran Kantor Akuntan Publik (KAP) yang melakukan audit terhadap laporan keuangan emiten. KAP besar diwakili oleh KAP yang termasuk Big Four dan KAP kecil selain KAP Big Four, sedang manajemen laba menggunakan discretionary accrual. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari IDX dan ICMD. Sampel dalam penelitian ini adalah 37 dari 133 perusahaan yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia, yang dipilih menggunakan purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dewan direksi dan kualitas audit tidak berpengaruh terhadap manajemen laba. Komisaris independen dan komite audit berpengaruh positif terhadap manajemen laba. Komisaris independen kemungkinan dibentuk hanya untuk pemenuhan formal 30%, sedang perusahaan sampel yang memiliki komite audit hanya 19%, sehingga tidak dapat mengurangi praktik manajemen laba. Kata kunci: dewan direksi, komisaris independen, komite audit, kualitas audit, manajemen laba, IPO.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Akuntansi - S2
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 28 Jan 2016 15:32
    Last Modified: 28 Jan 2016 15:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23354

    Actions (login required)

    View Item