Perbandingan Pengaruh Gaya Mengajar Resiprokal dan Komando Terhadap Hasil Belajar Senam Lantai. (Studi Eksperimen Pada Siswa Putra SMP N 14 Berau Kalimantan Timur)

SIGIT , BAMBANG (2016) Perbandingan Pengaruh Gaya Mengajar Resiprokal dan Komando Terhadap Hasil Belajar Senam Lantai. (Studi Eksperimen Pada Siswa Putra SMP N 14 Berau Kalimantan Timur). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (237Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) perbedaan gaya mengajar resiprokal dan komando terhadap hasil belajar senam lantai, baik pada amatan pemahaman gerakan, maupun kemampuan melakukan gerak senam lantai. (2) perbedaan hasil belajar senam lantai pada kelompok siswa yang memiliki kekuatan otot berbeda, yaitu kategori kekuatan baik, sedang, dan kurang baik, baik pada amatan pemahaman gerakan, maupun keterampilan gerak senam lantai. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan rancangan faktorial 2x3. Sampel penelitian adalah siswa putra SMP Negeri 14 Berau Kalimantan Timur sebanyak 66 siswa. Variabel penelitian ini terdiri dari dua variabel bebas dan satu variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah : (1) gaya mengajar sebagai variabel manipulatif, dengan dua level, yaitu gaya mengajar resiprokal dan komando (2) kekuatan otot sebagai variabel atributif, dengan tiga level, yaitu kategori baik, sedang, dan kurang baik. Sebagai variabel terikat hasil belajar senam lantai, yang meliputi dua amatan, yaitu amatan pemahaman gerakan, dan keterampilan gerak senam lantai. Teknik pengumpulan data adalah dengan teknik tes dan pengukuran. Eksperimen dilakukan 3 kali seminggu, setiap pertemuan 2X40 menit, selama 18 kali pertemuan. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 14 Berau Kalimantan Timur. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Variansi dua jalur dan uji lanjut menggunakan uji-t metode LSD (Least Significant Difference), pada taraf signifikansi 5% (α=0,05). Komputasi pada Analisis Variansi menggunakan bantuan program statistik Minitab 16. Hasil penelitian adalah : (a) pada amatan pemahaman gerakan senam lantai (1) Ada perbedaan pengaruh gaya mengajar resiprokal dan komando terhadap hasil belajar senam lantai. Gaya mengajar resiprokal memberikan pengaruh yang lebih baik dari pada gaya komando. (2) Tidak ada perbedaan hasil belajar senam lantai antara kelompok siswa yang memiliki kekuatan otot kategori baik, sedang, dan kurang baik. (3) Tidak ada interaksi antara gaya mengajar dan kekuatan otot. (b) pada amatan keterampilan gerak senam lantai, (1) Ada perbedaan pengaruh gaya mengajar resiprokal dan komando terhadap hasil belajar senam lantai. Gaya mengajar resiprokal memberikan pengaruh yang lebih baik dibanding komando (2) Ada perbedaan hasil belajar senam lantai antara kelompok siswa yang memiliki kekuatan otot kategori baik, sedang, dan kurang baik. (3) Ada interaksi antara gaya mengajar dan kekuatan otot. (b) pada amatan kemampuan melakukan gerak senam lantai, Kesimpulan : (1) Gaya mengajar resiprokal memberikan pengaruh yang paling baik terhadap hasil belajar senam lantai. (2) Kelompok siswa yang memiliki kekuatan otot kategori sedang memiliki rerata hasil belajar senam lantai paling tinggi. Kata kunci : gaya mengajar resiprokal, gaya mengajar komando, kekuatan otot, pemahaman gerakan senam lantai, keterampilan gerak senam lantai, hasil belajar senam lantai.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Ilmu Keolahragaan
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 28 Jan 2016 10:25
    Last Modified: 28 Jan 2016 10:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23322

    Actions (login required)

    View Item