Novel Amelia Karya Tere Liye (Kajian Stilistika, Nilai-nilai Pendidikan Karakter dan Relevansinya sebagai Materi Ajar Sastra di Sekolah Menengah Atas

C, DEWI RINANTI NURUL (2016) Novel Amelia Karya Tere Liye (Kajian Stilistika, Nilai-nilai Pendidikan Karakter dan Relevansinya sebagai Materi Ajar Sastra di Sekolah Menengah Atas. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (102Kb) | Preview

    Abstract

    Dewi Rinanti Nurul Cahyani. S841308007. 2015. Novel Amelia Karya Tere Liye (Kajian Stilistika, Nilai-nilai Pendidikan Karakter dan Relevansinya Sebagai Materi Ajar Sastra di Sekolah Menengah Atas ). TESIS. Pembimbing I: Dr.Nugraheni Eko Wardhani, M.Hum., II: Dr.Suyitno, M.Pd. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan : (1) pemilihan dan pemakaian kosakata dalam novel Amelia karya Tere Liye. (2) pemakaian gaya bahasa dalam novel Amelia karya Tere Liye.(3) Citraaan yang terkandung dalam novel Amelia karya Tere Liye (4 )Nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Amelia karya Tere Liye.(5) Relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Amelia karya Tere Liye dengan materi ajar sastra di tingkat sekolah menengah atas. Metode yang digunakan kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian berupa novelAmelia karya Tere Liye dan informan. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini ialah teknik pustaka, teknik baca, dan catat. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis mengalir. Hasil penelitian sekaligus kesimpulan menunjukkan bahwa (1) Pemilihan dan pemakaian kosakata (diksi) dalam novel Amelia karya Tere Liye ada pada diksi yang berupa denotasi, konotasi, kata konkret,, nama sapaan diri dan pemakaian bahasa asing. Penggunaankata denotasi paling dominan mencakup 33 % dari pemakaian diksi.(2) Pemakaian gaya bahasa dalam novel Amelia KaryaTereLiye, meliputi : alusio, antiklimaks, antitesis, asindenton, hiperbola, ironi, klimaks, metafora, paradoks, personifikasi, pleonasme, repetisi, retoris, simile, sinekdoke. Gaya bahasa yang dominan adalah personifikasi, mencakup 17% dari pemakaian gaya bahasa dalam novel Amelia karya Tere Liye. (3) Pemakaian citraan dalam novel Amelia karya TereLiye :citraan visual, citraan auditif, citraan gerak, citraan rabaan, citraan penciuman. Citraan visual mendominasi dalam novel Amelia, yaitu mencakup 45% dari jenis citraan yang ditemukan.(4) Nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Amelia karya Tere Liye: cinta damai, cinta tanah air, nilai demokratis, disiplin, gemar membaca, jujur, kerja keras, komunikatif, nilai kreatif, nilai mandiri, nilai peduli lingkungan, nilai peduli sosial, nilai rasa ingin tahu, nilai religius, nilai tanggung jawab, nilai toleransi. Nilai gemar membaca memiliki persentase tertinggi yaitu 21% karena paling dominan. (5) Ada relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Amelia karya Tere Liye sebagai materi ajar sastra di tingkat sekolah menengah atas karena novel Amelia sarat dengan petuah, nasihat yang sangat sesuai dengan nilai-nilai pendidikan karakter. Kata kunci : novel Amelia, diksi, gaya bahasa, citraan, nilai pendidikan karakter

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 28 Jan 2016 10:22
    Last Modified: 28 Jan 2016 10:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23321

    Actions (login required)

    View Item