Peningkatan Pemahaman Konsep Jasa dan Peranan Tokoh Perjuangan dalam Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Rotar (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VE SD Djamaatul Ichwan Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018))

Putri, Dede Eka (2018) Peningkatan Pemahaman Konsep Jasa dan Peranan Tokoh Perjuangan dalam Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Rotar (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VE SD Djamaatul Ichwan Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018)). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1469Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Dede Eka Putri. K7114030. PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP JASA DAN PERANAN TOKOH PERJUANGAN DALAM MEMPERSIAPKAN KEMERDEKAAN INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA ROTAR (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VE SD Djamaatul Ichwan Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi, Surakarta: Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2018. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas VE SD Djamaatul Ichwan Surakarta tahun ajaran 2017/2018 melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media rotar. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu peerencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seorang guru dan siswa kelas VE SD Djamaatul Ichwan Surakarta pada semester dua tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 34 siswa terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data meliputi tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan validitas isi dan triangulasi data. Teknis analisis data adalah analisis interaktif. Analisis interaktif terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media rotar dapat meningkatkan pemahaman konsep jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas VE SD Djamaatul Ichwan Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Peningkatan tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata kelas dan persentase ketuntasan klasikal. Pada pretes, ketuntasan klasikal siswa hanya 5,88%, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 34,38%, dan pada siklus II meningkat menjadi 88,24%.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 27 Jan 2016 15:26
    Last Modified: 16 Oct 2018 01:02
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23286

    Actions (login required)

    View Item