IMPLEMENTASI PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP FASILITAS PELAYANAN TRANSPORTASI PUBLIK BAGI DIFABEL BERDASARKAN PERATURAN DAERAH KOTA SURAKARTA NOMOR 2 TAHUN 2008 TENTANG KESETARAAN DIFABEL

UMA, ZULFATUL (2016) IMPLEMENTASI PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP FASILITAS PELAYANAN TRANSPORTASI PUBLIK BAGI DIFABEL BERDASARKAN PERATURAN DAERAH KOTA SURAKARTA NOMOR 2 TAHUN 2008 TENTANG KESETARAAN DIFABEL. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (813Kb) | Preview

    Abstract

    Zulfatul Uma, NIM. E0011347. 2015. IMPLEMENTASI PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP FASILITAS PELAYANAN TRANSPORTASI PUBLIK BAGI DIFABEL BERDASARKAN PERATURAN DAERAH KOTA SURAKARTA NOMOR 2 TAHUN 2008 TENTANG KESETARAAN DIFABEL. Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan perlindungan konsumen bagi difabel terhadap fasilitas pelayanan transportasi publik berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Kota Surakarta Nomor 2 Tahun 2008 Tentang Kesetaraan Difabel. Karena Kota Surakarta merupakan salah satu tujuan pariwisata yang tentunya terdapat berbagai jenis transportasi publik. Selain itu, di dalam sejarah Kota Surakarta dahulu pernah mendeklarasikan diri sebagai Kota ramah difabel, dan pernah menjadi pusat rujukan rehabilitasi Asia Pasifik pada tahun 1975, sehingga penulis ingin meneliti lebih dalam terkait fakta dia atas, apakah transportasi publik di Kota Surakarta saat ini sudah memperhatikan hak-hak difabel sesuai Perda Nomor 2 Tahun 2008 tentang Kesetaraan Difabel ataukah tidak diperhatikan. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apa saja yang menjadi hambatan dalam implementasi Perda tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan perlindungan konsumen bagi difabel terhadap fasilitas transportasi publik belum sesuai dengan Perda Nomor 2 Tahun 2008 tentang Kesetaraan Difabel. Sanksi yang telah diatur dalam Perda tersebut hanya bersifat formalitas saja. Terdapat berbagai hambatan dalam pelaksanaan Perda tersebut salah satunya adalah kurangnya kesadaran masyarakat. Solusi yang diberikan adalah memberikan sanksi tegas pada pelanggar Perda dan menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap kesetaraan difabel. Kata Kunci: Difabel, Kesetaraan Difabel, Transportasi Publik, Perlindungan Konsumen

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 27 Jan 2016 15:23
    Last Modified: 27 Jan 2016 15:23
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23285

    Actions (login required)

    View Item