UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI GONDANGREJO PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENERAPKAN MODEL ARCS (ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE AND SATISFACTION)

MARCELINA, THEA (2016) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI GONDANGREJO PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENERAPKAN MODEL ARCS (ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE AND SATISFACTION). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (904Kb) | Preview

    Abstract

    Thea Marcelina. UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI GONDANGREJO PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENERAPKAN MODEL ARCS (ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE AND SATISFACTION). Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. November 2015. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan proses pembelajaran dengan model ARCS yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri Gondangrejo pada mata pelajaran matematika, (2) mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri Gondangrejo pada mata pelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran ARCS dan (3) mengetahui peningkatan ketuntasan belajar matematika siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri Gondangrejo setelah diterapkan model pembelajaran ARCS. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru matematika dan siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri Gondangrejo tahun ajaran 2014/2015. Sumber data pada penelitian ini diperoleh dari catatan lapangan, hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran, hasil observasi motivasi belajar siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri Gondangrejo. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data secara deskriptif yang berisi tentang analisa terhadap pembelajaran yang dilakukan oleh peneliti pada setiap pertemuan, presentase dari skor yang diperoleh dari beberapa indikator motivasi belajar siswa dan skor hasil tes akhir siklus yang diperoleh siswa. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah setiap indikator motivasi belajar memperoleh pencapaian minimal 70% dari jumlah seluruh siswa dan setidaknya 70% siswa telah mencapai KKM. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa langkah pembelajaran dengan model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence and Satisfaction) yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan ketuntasan belajar matematika siswa adalah: 1) Kegiatan pendahuluan, guru membuka pelajaran dan menanyakan pertanyaan-pertanyaan apersepsi yang dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari siswa dan dilakukan dengan menarik, memberitahu siswa tujuan dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan, memotivasi siswa mengenai kegunaan materi pada keidupan sehari-hari. 2) Kegiatan inti, guru membimbing siswa membentuk kelompok, membagikan Lembar Kerja Siswa kepada masing-masing kelompok, menyampaikan garis besar materi pembelajaran dengan media yang menarik dan diselingi humor, berkeliling memantau jalannya diskusi siswa dan membantu siswa yang bertanya, meminta perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok masing-masing ke depan kelas dan meminta siswa lain untuk memberikan pertanyaan atau pendapat tentang apa yang dipresentasikan, memberi penjelasan dan masukan mengenai hasil presentasi siswa, memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai masukan guru dan memberi motivasi kepada siswa dan mengumumkan kelompok terbaik dan memberikan penghargaan kelompok. 3) Kegiatan penutup, guru bersama siswa me-review pembelajaran yang telah dilakukan, memberikan kuis untuk dikerjakan secara mandiri, memberi pekerjaan rumah pada siswa dan meminta siswa untuk mengumpulkannya pada pertemuan selanjutnya, dan kegiatan terakhir yaitu memberitahukan siswa tujuan pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya. Berdasarkan hasil observasi motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika, rata-rata persentase motivasi belajar siswa pada pra siklus sebesar 26,4%. Setelah diterapkan model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence and Satisfaction), pada siklus I rata-rata motivasi belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 29% menjadi 55,4% dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 21,8% menjadi 77,2%. Persentase ketuntasan belajar matematika siswa yang tuntas pada pra siklus sebesar 24%. Setelah diterapkan model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence and Satisfaction) pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan dan mencapai target yang telah ditetapkan. Persentase siswa yang tuntas pada siklus I sebesar 48% dan siklus II sebesar 72%. Berdasarkan hasil observasi selama proses pembelajaran dan hasil tes siklus dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence and Satisfaction) dapat meningkatkan motivasi belejar siswa dan ketuntasan belajar matematika siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri Gondangrejo tahun ajaran 2014/2015. Kata kunci: ARCS, motivasi belajar siswa, ketuntasan belajar matematika.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Kedokteran > Psikologi
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 27 Jan 2016 14:35
    Last Modified: 27 Jan 2016 14:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23264

    Actions (login required)

    View Item