ISTILAH-ISTILAH SESAJI DALAM PEMBANGUNAN RUMAH DI DESA SIDOREJO KECAMATAN KENDAL KABUPATEN NGAWI (SUATU KAJIAN ETNOLINGUISTIK)

HUDA, RIZQI MUFTAKHUL (2016) ISTILAH-ISTILAH SESAJI DALAM PEMBANGUNAN RUMAH DI DESA SIDOREJO KECAMATAN KENDAL KABUPATEN NGAWI (SUATU KAJIAN ETNOLINGUISTIK). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (197Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Rizqi Miftakhul Huda. C0111028. 2015. Istilah-istilah Sesaji dalam Pembangunan Rumah di Desa Siderejo Kecamatan Kendal Kabupaten Ngawi (Suatu Kajian Etnolinguistik). Skripsi Program Studi Sastra Jawa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu: (1) bagaimanakah bentuk dan makna leksikal istilah-istilah sesaji dalam pembangunan rumah di Desa Sidorejo Kecamatan Kendal Kabupaten Ngawi? (2) bagaimanakah makna kultural dalam istilah-istilah sesaji dalam pembangunan rumah di Desa Sidorejo Kecamatan Kendal Kabupaten Ngawi? (3) bagaimanakah perkembangan sesaji dalam pembangunan rumah di Desa Sidorejo Kecamatan Kendal Kabupaten Ngawi? Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini, yaitu: (1) mendeskripsikan bentuk dan makna leksikal istilah-istilah sesaji dalam pembangunan rumah di Desa Sidorejo Kecamatan Kendal Kabupaten Ngawi. (2) mendeskripsikan makna kultural dari istilah-istilah sesaji dalam pembangunan rumah di Desa Sidorejo Kecamatan Kendal Kabupaten Ngawi. (3) mendeskripsikan perkembangan sesaji pembangunan rumah di Desa Sidorejo Kecamatan Kendal Kabupaten Ngawi. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Data yang digunakan adalah data lisan. Data lisan berasal dari informan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode cakap. Analisis data menggunakan metode distribusional dan metode padan. Penelitian ini menemukan 44 istilah yang dibagi menjadi tiga, yaitu 19 istilah dalam bentuk monomorfemis, 6 istilah dalam bentuk polimorfemis, dan 19 istilah dalam bentuk frasa. Istilah-istilah sesaji dalam pembangunan rumah di Desa Sidorejo Kecamatan Kendal Kabupaten Ngawi mengandung makna leksikal dan makna kultural. Penentuan makna leksikal dan makna kultural tersebut berdasarkan makna leksikal dan makna kultural yang dipahami masyarakat di Desa Sidorejo Kecamatan Kendal Kabupaten Ngawi. Perkembangan sesaji berupa perubahan isi sesaji dan penerapannya dalam model rumah tipe baru. Kata Kunci: Istilah-istilah sesaji, etnolinguistik, makna leksikal, makna kultural.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa
    Fakultas Sastra dan Seni Rupa > Sastra Daerah
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 27 Jan 2016 12:59
    Last Modified: 27 Jan 2016 12:59
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23252

    Actions (login required)

    View Item