Cerita Rakyat Dalam Upacara Tradisional Bersih Dusun di Dusun Dalungan Desa Macanan Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar. (Sebuah Tinjaun Bentuk, Makna dan Fungsi)

S, SITI LATIFAH F (2016) Cerita Rakyat Dalam Upacara Tradisional Bersih Dusun di Dusun Dalungan Desa Macanan Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar. (Sebuah Tinjaun Bentuk, Makna dan Fungsi). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (710Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Siti Latifah Fitria Sari. C0111032. 2015. Cerita Rakyat Dalam Upacara Tradisional Bersih Dusun di Dusun Dalungan Desa Macanan Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar (Sebuah Kajian Bentuk, Makna dan Fungsi). Skripsi: Prodi Sastra Daerah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan bentuk dan asal-usul cerita rakyat dalam upacara tradisional bersih dusun di dusun Dalungan desa Macanan kecamatan Kebakkramat kabupaten Karanganyar. (2) Mendeskripsikan ritual upacara tradisional bersih dusun di dusun Dalungan. (3) Mendeskripsikan pertunjukan seni tayub dalam upacara tradisional bersih dusun di dusun Dalungan. (4) Mendeskripsikan makna simbolik dari sesaji dalam pelaksanaan upacara tradisional bersih dusun di dusun Dalungan. Manfaat penelitian berupa manfaat secara praktis dan secara teoritis. Secara praktis penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan dokumentasi tradisi ritual yang hidup dalam masyarakat Jawa, dan untuk kesempatan lain dapat digunakan sebagai bahan penelitian lebih lanjut. Secara teoritis penelitian ini diharapkan dapat menambah kepustakan bagi dunia sastra yang berbentuk tradisi lisan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif adapun kajian yang digunakan adalah kajian bentuk, makna dan fungsi. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang mengetahui cerita rakyat yang terdapat dalam upacara tradisional bersih dusun di Dusun Dalungan, Desa Macanan, Kecamatan Kebakkramat, Kabupaten Karanganyar. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah informan yang mengetahui tentang cerita rakyat Kyai Joko Dolog dan upacara tradisional bersih dusun. Sumber data sekunder dalam penelitian ini berupa buku-buku yang relevan. Data primer dalam penelitian ini berupa hasil wawancara yang berupa cerita rakyat Kyai Joko Dolog dan upacara tradisional bersih dusun di Dusun Dalungan, Desa Macanan Kecamatan Kebakkramat, Kabupaten Karanganyar. Data sekunder berupa buku-buku yang relevan dengan topik penelitian. Teknik analisis data melalui wawancara, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dilanjutkan dengan menganalisis cerita rakyat dalam upacara tradisional bersih dusun. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa cerita rakyat di Dusun Dalungan berbentuk legenda dan merupakan folklor sebagian lisan karena dalam upacara tersebut disertai dengan serangkaian perbuatan yang berbentuk upacara tradisional. Masyarakat di dusun Dalungan sangat mempercayai upacara tradisional bersih dusun sebagai simbol penolak bala dan mereka mengakui kebenarannya tentang mitos apabila mereka tidak melaksanakan upacara tradisional dan mempersembahkan pertunjukan seni tayub mereka akan tertimpa bencana ataupun wabah penyakit oleh warga dusun Dalungan kepada Kyai Joko Dolog. Upacara tradisional memiliki lambang dan simbol yang terwujud dalam bentuk sesaji. Kata kunci: Cerita rakyat, bersih dusun, bentuk, makna dan fungsi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa
    Fakultas Sastra dan Seni Rupa > Sastra Daerah
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 27 Jan 2016 12:51
    Last Modified: 27 Jan 2016 12:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23250

    Actions (login required)

    View Item