PARTISIPASI ANGGOTA KELOMPOK WANITA TANI DALAM PROGRAM PERCEPATAN PENGANEKARAGAMAN KONSUMSI PANGAN (P2KP) DI KECAMATAN NGUTER KABUPATEN SUKOHARJO

YULIANTI, RISKA (2016) PARTISIPASI ANGGOTA KELOMPOK WANITA TANI DALAM PROGRAM PERCEPATAN PENGANEKARAGAMAN KONSUMSI PANGAN (P2KP) DI KECAMATAN NGUTER KABUPATEN SUKOHARJO. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (283Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi wanita tani, mengkaji partisipasi wanita tani, dan menganalisis hubungan antara faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi dengan partisipasi wanita tani dalam program P2KP di Kecamatan Nguter Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik survei. Metode penentuan lokasi dilakukan secara purposive di Kecamatan Nguter. Metode pengambilan sampel dengan proportional random sampling. Data yang diambil dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis korelasi rank spearman (rs). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi mayoritas berada dalam kategori sangat tinggi yaitu pendidikan non formal, mayoritas berada dalam kategori tinggi yaitu umur,pendapatan, lingkungan sosial dan lingkungan ekonomi serta berada dalam kategori sedang yaitu status keanggotaan dan pendidikan formal. Partisipasi wanita tani dalam program P2KP mayoritas termasuk dalam kategori sangat tinggi. Terdapat hubungan yang sangat signifikan antara status keanggotaan, pendidikan non formal,dan lingkungan sosial dengan tingkat partisipasi anggota kelompok wanita tani dalam program P2KP. Terdapat hubungan yang signifikan antara pendapatan dan tingkat partisipasi anggota kelompok wanita tani dalam program P2KP. Terdapat hubungan yang tidak signifikan antara umur, pendidikan formal,dan lingkungan ekonomi dengan tingkat partisipasi anggota kelompok wanita tani dalam program P2KP.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Fakultas Pertanian > Agribisnis
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 27 Jan 2016 12:29
    Last Modified: 27 Jan 2016 12:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23243

    Actions (login required)

    View Item