PEMANFAATAN KEARIFAN LOKAL DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS KOMUNITAS DI KELOMPOK PEREMPUAN RUKUN MAKMUR DESA MUSUK KABUPATEN BOYOLALI

, SANTOSO (2016) PEMANFAATAN KEARIFAN LOKAL DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS KOMUNITAS DI KELOMPOK PEREMPUAN RUKUN MAKMUR DESA MUSUK KABUPATEN BOYOLALI. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (160Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Santoso. D0311063. 2015. “Pemanfaatan Kearifan Lokal dalam Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Komunitas di Kelompok Perempuan Rukun Makmur Boyolali”. Skripsi. Program studi Sosiologi. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini bertujuan menggambarkan praktik pemanfaatan kearifan lokal dalam pemberdayaan masyarakat berbasis komunitas di Kelompok Perempuan Rukun Makmur Boyolali beserta faktor pendukung dan faktor penghambatnya melalui teori struktural fungsional yang dikemukakan oleh Talcot Parsons dengan skema AGIL (Adaptation, Goal Attainment, Integration, Latency). Penelitian ini merupakan studi kasus tunggal dengan sajian deskriptif kualitatif. Data diambil dengan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik pemilihan informan menggunakan purposive. Untuk menjamin validitas data digunakan triangulasi sumber, sedangkan analisis data menggunakan analisis model interaktif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Kelompok Perempuan Rukun Makmur telah memanfaatkan kearifan lokal yang dimiliki dalam setiap kegiatannya yang berfokus dalam sektor pertanian dan peternakan. Tujuan awal terbentuknya Kelompok Perempuan Rukun Makmur sendiri adalah untuk meningkatkan perekonomian keluarga pasca Erupsi Merapi tahun 2010 yang menyebabkan rusaknya lahan pertanian dan harga hewan ternak merosot tajam. Dengan dampingan dari divisi Sustainable Livelihood (SL) SPEK-HAM Surakarta Program pemberdayaan yang dilakukan adalah penanaman tanaman pangan di lingkungan sekitar tempat tinggal, pengadaan ternak kambing dengan sistem bagi hasil, program Posyandu Kambing, dan juga sekolah komunitas. Dalam prakteknya, berbagai macam kegiatan Kelompok Perempuan Rukun Makmur telah meningkatkan berbagai macam partisipasi kaum perempuan dalam berbagai bidang karena memiliki akses yang lebih luas baik dengan pihak pendamping, mitra kelompok, dan juga pihak pemerintah. Walaupun memiliki berbagai macam tantangan seperti masih minimnya dana yang dimiliki, resiko bencana alam, dan masih minimnya pengetahuan terkait pengelolaan hewan ternak, bahkan hingga berorganisasi dan mengembangkan usaha yang dmiliki oleh pengurus dan anggota. Tetapi dengan semangat ngangsu kawruh dan kekeluargaan yang tinggi membuat Kelompok Perempuan Rukun Makmur menjadi salah satu kelompok yang memiliki pengaruh cukup kuat di desa Musuk melalui berbagai kegiatan yang dilakukannya. Kata kunci : Kearifan Lokal, Pemberdayaan Masyarakat, Kelompok Perempuan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 27 Jan 2016 12:24
    Last Modified: 27 Jan 2016 12:24
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23242

    Actions (login required)

    View Item