Strategi Pengembangan Usaha Anyaman Pelepah Pisang di Desa Mojotengah, Keccamatan Kedu, Kabupaten Temanggung (Kasus pada PB. Bina Usaha)

D, PRAMUDYA SETYA (2016) Strategi Pengembangan Usaha Anyaman Pelepah Pisang di Desa Mojotengah, Keccamatan Kedu, Kabupaten Temanggung (Kasus pada PB. Bina Usaha). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (406Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi usaha anyaman pelepah pisang, faktor internal dan eksternal usaha anyaman pelepah pisang, alternatif strategi serta prioritas strategi yang diterapkan dalam mengembangkan usaha anyaman pelepah pisang di Desa Mojotengah, Kecamatan Kedu, Kabupaten Temanggung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Lokasi penelitian di Desa Mojotengah, Kecamatan Kedu, Kabupaten Temanggung tepatnya pada PB. Bina Usaha. Data yang digunakan adalah primer dan sekunder. Analisis data yang digunakan adalah (1) Matriks IFE dan Matriks EFE, (2) Matriks IE, (3) Matriks SWOT, (4) Matriks QSP. Hasil penelitian menunjukkan pengelolaan usaha anyaman pelepah pisang pada PB. Bina Usaha kurang optimal. Nilai matriks IE sebesar 2,414 pada total bobot IFE dan 2.979 pada total bobot EFE menunjukkan posisi usaha ini pada Sel V menjaga dan mempertahankan (hold and maintain). Matriks SWOT menghasilkan beberapa alternatif strategi yang nantinya akan ditentukan daya tariknya pada matriks QSP. Nilai TAS (Total Attractive Score) tertinggi pada matriks QSP sebesar 5,629 yaitu pada prioritas strategi Meningkatkan kapasitas produksi dan kualitas produk yang telah dibuat untuk menjaga kepercayaan konsumen

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Fakultas Pertanian > Agribisnis
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 27 Jan 2016 12:14
    Last Modified: 27 Jan 2016 12:14
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23239

    Actions (login required)

    View Item