Analisis Efisiensi Pemasaran Ikan Tuna di Kabupaten Pacitan

PATRIANTI, PAKSI (2016) Analisis Efisiensi Pemasaran Ikan Tuna di Kabupaten Pacitan. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (310Kb) | Preview

    Abstract

    ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN IKAN TUNA DI KABUPATEN PACITAN Paksi Patrianti, Minar Ferichani, R.R Aulia Qonita Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret Jl.Ir Sutami No.36 A Kentingan Surakarta 57126 Telp./Fax.(0271) 637457 Email: ppatrianti@gmail.com, No Telp: 087702286698 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis saluran pemasaran ikan tuna di kabupaten Pacitan, menganalisis besar biaya, keuntungan, dan marjin pemasaran ikan tuna, mengkaji dan menganalisis efisiensi dalam saluran pemasaran ikan tuna serta mengkaji dan menganalisis tingkat keterpaduan pasar antara pasar sentral (nelayan) dengan pasar eceran di kabupaten Pacitan. Metode penentuan lokasi menggunakan metode purposive (sengaja). Metode analisis data menggunakan analisis biaya dan marjin pemasaran serta IMC (Index of Market Connection). Hasil penelitian menunjukan bahwa saluran pemasaran ikan tuna di Kabupaten Pacitan terdapat tiga macam pola, yaitu saluran Pemasaran I (nelayan - pedagang pengumpul - konsumen industri), saluran II (nelayan - pedagang pengumpul- pedagang besar – konsumen industri),saluran III (nelayan - pedagang pengumpul-pedagang pengecer-konsumen industri).Total biaya pemasaran saluran I Rp 3.626,00 per kg, keuntungan total Rp1.374,00 per kg, total marjin pemasaran sebesar Rp 5.000,00 per kg. Total biaya pemasaran saluran II adalah Rp 3.945,02 per kg, keuntungan total Rp3.554,98 per kg dan total marjin pemasaran Rp7.500,00 per kg. Total biaya pemasaran saluran III Rp 2.425,13 per kg, keuntungan total sebesar Rp1.574,87 per kg, dan total marjin pemasaran Rp 4.000,00 per kg. Berdasarkan hasil analisis regresi menunjukkan bahwa penentu harga di pasar lokal (nelayan) dipengaruhi oleh harga di pasar acuan (Arjowinangun) dan tidak dipengaruhi kondisi dari pasar lokal (nelayan) periode sebelumnya. Sedangkan berdasarkan perhitungan IMC (Index of Market Connections) menunjukkan adanya keterpaduan pasar yang tinggi antara pasar lokal (nelayan) dengan pasar acuan (Arjowinangun). Kata Kunci: Ikan Tuna, Marjin Pemasaran, Farmer’s Share, Efisiensi Pemasaran, Keterpaduan Pasar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Fakultas Pertanian > Agribisnis
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 27 Jan 2016 12:09
    Last Modified: 27 Jan 2016 12:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23237

    Actions (login required)

    View Item