Analisis Komparatif Penggunaan Jasa Lembaga Keuangan Syariah (LKS) Dengan Penggunaan Jasa Lembaga Keuangan Konvensional Pada Pendapatan, Efisiensi, Dan Kemanfaatan Usahatani Padi Di Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Sukoharjo

RAHARJO, OKTA SHOLEH (2016) Analisis Komparatif Penggunaan Jasa Lembaga Keuangan Syariah (LKS) Dengan Penggunaan Jasa Lembaga Keuangan Konvensional Pada Pendapatan, Efisiensi, Dan Kemanfaatan Usahatani Padi Di Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Sukoharjo. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (158Kb) | Preview

    Abstract

    Pinjaman modal dengan sistem syariah pada Lembaga Keuangan Syariah (LKS) dan pinjaman modal dengan sistem konvensional pada Lembaga Keuangan Konvensional sebagai modal untuk petani padi yang layak dikaji dan dibandingkan lebih dalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan membandingkan pendapatan, efisiensi, dan kemanfaatan usahatani padi yang menggunakan jasa Lembaga Keuangan Syariah (LKS) dengan usahatani padi yang menggunakan jasa Lembaga Keuangan Konvensional di Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Sukoharjo. Metode dasar yang digunakan adalah metode deskriptif analitis. Penentuan lokasi penelitian dilakukan dengan puposive (sengaja), yaitu di Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Sukoharjo. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampling jenuh (sensus). Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik analisis data menggunakan rumus PdU=PrU-BU untuk mengetahui pendapatan usahatani, R/C Ratio untuk mengetahui efisiensi usahatani, untuk melakukan uji komparasi menggunakan uji t, dan B/C Ratio untuk mengetahui kemanfaatan usahatani. Hasil analisis menunjukkan pendapatan usahatani padi yang menggunakan jasa Lembaga Keuangan Syariah (LKS) (Rp 10.555.935,00/Ha) lebih tinggi daripada usahatani padi yang menggunakan jasa Lembaga Keuangan Konvensional (Rp 9.963.469,00/Ha). Usahatani padi yang menggunakan jasa Lembaga Keuangan Syariah (LKS) (R/C Ratio = 0,73) lebih efisien daripada usahatani padi yang menggunakan jasa Lembaga Keuangan Konvensional (R/C Ratio = 0,58). Usahatani padi yang menggunakan jasa Lembaga Keuangan Syariah (LKS) lebih memberikan manfaat daripada usahatani padi yang menggunakan jasa Lembaga Keuangan Konvensional yaitu sebesar 6,37.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Fakultas Pertanian > Agribisnis
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 27 Jan 2016 12:05
    Last Modified: 27 Jan 2016 12:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23235

    Actions (login required)

    View Item