Pengaruh Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi pada Perusahaan di Indeks LQ45 Tahun 2010-2014)

PUTRA, RIZZKY PRADANA (2016) Pengaruh Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi pada Perusahaan di Indeks LQ45 Tahun 2010-2014). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (496Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh corporate governance terhadap kinerja keuangan perusahaan. Corporate governance diukur menggunakan proksi ukuran dewan komisaris, dewan komisaris independen, dan kepemilikan manajerial. Sedangkan kinerja keuangan perusahaan diukur menggunakan Return On Equity (ROE). Sampel yang digunakan adalah perusahaan yang termasuk ke dalam indeks LQ45 pada tahun 2010-2014 yang telah memenuhi kriteria penelitian. Sampel ditentukan berdasarkan metode purposive sampling dengan total sampel sebanyak 21 perusahaan. Penelitian ini menggunakan analisis linier berganda untuk menganilisis pengaruh variabel-variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dewan komisaris independen memiliki pengaruh positif terhadap kinerja keuangan perusahaan, sedangkan kepemilikan manajerial memiliki pengaruh negatif terhadap kinerja keuangan perusahaan. Disisi lain, penelitian ini tidak menemukan adanya pengaruh antara ukuran dewan komisaris terhadap kinerja keuangan perusahaan. Kata Kunci: corporate governance, ROE, kinerja keuangan perusahaan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 27 Jan 2016 11:56
    Last Modified: 27 Jan 2016 11:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23232

    Actions (login required)

    View Item