TINJAUAN HUKUM TERHADAP PUTUSAN LEPAS DARI SEGALA TUNTUTAN HUKUM DALAM PERKARA KEPEMILIKAN SENJATA TAJAM (STUDI PUTUSAN PENGADILAN NEGERI SLEMAN NOMOR 05/PID.SUS/2011/PN.SLMN)

DEWI, A RIZKY MUSTIKA (2016) TINJAUAN HUKUM TERHADAP PUTUSAN LEPAS DARI SEGALA TUNTUTAN HUKUM DALAM PERKARA KEPEMILIKAN SENJATA TAJAM (STUDI PUTUSAN PENGADILAN NEGERI SLEMAN NOMOR 05/PID.SUS/2011/PN.SLMN). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (679Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK A Rizky Mustika dewi E0011001. TINJAUAN HUKUM TERHADAP PUTUSAN LEPAS DARI SEGALA TUNTUTAN HUKUM DALAM PERKARA KEPEMILIKAN SENJATA TAJAM (STUDI PUTUSAN PENGADILAN NEGERI SLEMAN NOMOR 05/PID.SUS/2011/PN.SLMN)). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2015 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertimbangan hakim dalam memutus terdakwa lepas dari segala tuntutan hukum dan upaya hukum yang dapat dilakukan kejaksaan Negeri Sleman terhadap putusan lepas dari segala tuntutan hukum dalam perkara kepemilikan senjata tajam. Penelitian normatif yang bersifat preskriptif dan terapan adalah jenis yang digunakan dalam penelitian ini. Sumber bahan hukum yang digunakan adalah bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder yang menggunakan studi kepustakaan untuk teknik pengumpulan data. Sedangkan teknik analisis bahan hukum yang digunakan adalah metode deduksi silogisme. Berdasarkan penelitian ini dapat diketahui tentang dasar pertimbangan hakim dalam menjatuhkan putusan lepas dari segala tuntutan hukum (ontslag van rechtsvervolging) adalah bahwa apabila yang didakwakan kepada terdakwa terbukti tetapi perbuatan tersebut bukan merupakan suatu tindak pidana. Pertimbangan hakim yang lain adalah apabila terdapat keadaan-keadaan istimewa yang menyebabkan terdakwa tidak dapat dihukum, yaitu adanya alasan pembenar dan alasan pemaaf. Dalam kasus yang penulis teliti, hakim menjatuhkan putusan lepas dari segala tuntutan hukum karena perbuatan terdakwa tidak melawan hukum dan pertimbangan hakim telah sesuai dengan KUHAP. Serta upaya yang dilakukan penuntut umum terhadap putusan lepas dari segala tuntutan hukum sesuai dengan pasal 244 KUHAP ialah mengajukan Kasasi ke Mahkamah Agung Kata kunci: Putusan, lepas dari segala tuntutan hukum, senjata tajam, upaya hukum.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 27 Jan 2016 11:52
    Last Modified: 27 Jan 2016 11:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23230

    Actions (login required)

    View Item