PEMANFAATAN LIMBAH CAIR TEPUNG PATI AREN DENGAN BERBAGAI SUMBER PENGAYA ORGANIK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL KACANG TANAH

RAHMAN, NOVITA (2016) PEMANFAATAN LIMBAH CAIR TEPUNG PATI AREN DENGAN BERBAGAI SUMBER PENGAYA ORGANIK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL KACANG TANAH. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (263Kb) | Preview

    Abstract

    Produksi tepung pati aren di Klaten menghasilkan limbah cair tepung pati aren yang cukup banyak. Limbah cair dapat merusak lingkungan sehingga akan dibuat pupuk organik cair yang akan diaplikasikan pada kacang tanah. Limbah cair tepung aren difermentasi dengan sumber pengaya organik. Pengaya yang digunakan adalah EM-4, rumen sapi, isi usus ayam dan sawi hijau busuk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui komposisi terbaik pada limbah cair dengan berbagai sumber pengaya organik dan pengaruhnya terhadap pertumbuhan dan hasil kacang tanah. Metode yang digunakan adalah RAKL (rancangan acak kelompok lengkap) satu faktor dengan empat ulangan yaitu kacang tanah tanpa limbah cair tepung pati aren; kacang tanah dengan limbah cair tepung pati aren tanpa sumber pengaya organik; kacang tanah dengan limbah cair tepung pati aren dengan sumber pengaya EM-4; kacang tanah dengan limbah cair tepung pati aren dengan sumber pengaya rumen sapi; kacang tanah dengan limbah cair tepung pati aren dengan sumber pengaya isi usus ayam dan kacang tanah degan limbah cair tepung pati aren dengan sumber pengaya sawi hijau busuk. Hasil menunjukkan bahwa limbahncair tepung pati aren dengan berbagai sumber pengaya organik tidak memenuhi standar baku pupuk organik cair. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang nyata terhadap pertumbuhan dan hasil kacang tanah. Kacang tanah dengan pemberian limbah cair tepung pati aren dengan sumber pengaya sawi hijau busuk mampu meningkatkan jumlah daun dan kacang tanah dengan limbah cair tepung pati aren dengan sumber pengaya isi usus ayam mampu meningkatkan berat 100 biji.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Fakultas Pertanian > Agroteknologi
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 27 Jan 2016 11:44
    Last Modified: 27 Jan 2016 11:44
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23227

    Actions (login required)

    View Item