ANALISIS KEBUTUHAN PELANGGAN TERHADAP DESAIN KURSI PENGEMUDI MOBIL MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT STUDI KASUS : CITY CAR

P, NERISSA ARVIANA (2016) ANALISIS KEBUTUHAN PELANGGAN TERHADAP DESAIN KURSI PENGEMUDI MOBIL MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT STUDI KASUS : CITY CAR. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (196Kb) | Preview

    Abstract

    City car adalah kendaraan yang cocok digunakan untuk kawasan perkotaan. Salah satu yang menjadi perhatian ketika membeli mobil jenis city car adalah kenyamanan kursi mobil –fokus penelitian ini adalah kursi pengemudi mobil-, namun penelitian mengenai kenyamanan kursi pengemudi mobil pada umumnya masih berfokus pada aspek ergonomi. Desain kursi pengemudi mobil yang masih berfokus pada aspek ergonomi belum cukup untuk memenuhi kenyamanan yang diinginkan pelanggan. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kebutuhan pelanggan terhadap desain kursi pengemudi mobil dan untuk mendapatkan konsep desain kursi pengemudi mobil yang nyaman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quality Function Deployment yang memberikan prioritas terhadap atribut-atribut yang ada berdasarkan kebutuhan pelanggan. Metode ini menggunakan Rumah Kualitas yang menghubungkan antara suara konsumen dengan karakteristik teknis. Berdasarkan hasil dari penelitian ini, konsep yang terpilih adalah konsep K6 (kontur menyesuaikan lekuk pantat, material pelapis berbahan kulit sintetis yang lembut, warna kursi mobil cerah dan sesuai dengan warna interior mobil, desain trim berupa kombinasi garis lurus dan garis silang, kursi memiliki logo dan recliner dari bahan komposit).

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Industri
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 27 Jan 2016 11:31
    Last Modified: 27 Jan 2016 11:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23224

    Actions (login required)

    View Item