TINJAUAN KRIMINOLOGI TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN YANG DILAKUKAN OLEH ANAK (STUDI DI WILAYAH POLRES METRO JAKARTA TIMUR).

AMARULLOH, REZA (2016) TINJAUAN KRIMINOLOGI TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN YANG DILAKUKAN OLEH ANAK (STUDI DI WILAYAH POLRES METRO JAKARTA TIMUR). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (714Kb) | Preview

    Abstract

    Reza Amarulloh. E0011261. 2015. TINJAUAN KRIMINOLOGI TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN YANG DILAKUKAN OLEH ANAK (STUDI DI WILAYAH POLRES METRO JAKARTA TIMUR). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab seorang anak dapat melakukan tindak pidana pembunuhan, untuk mengetahui upaya-upaya yang telah dilakukan oleh aparat penegak hukum dalam kasus ini khususnya pihak Poleres Metro Jakarta Timur dan pihak Lapas Klas II A Salemba untuk menanggulangi tindak pidana secara umum yang dilakukan oleh anak. Jenis penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris bersifat deskriptif. Pendekatan penelitian hukum menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian hukum dilakukan di Polres Metro Jakarta Timur dan Lapas Klas II A Salemba. Jenis dan sumber data penelitian hukum meliputi data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan studi kepustakaan. Teknik analisis data dalam penelitian ini yang digunakan penulis terdapat tiga komponen utama yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dihasilkan simpulan bahwa faktor anak melakukan tindak pidana pembunuhan terdiri dari faktor internal meliputi faktor personal, faktor psikologis dan faktor sakit hati sedangkan faktor eksternal meliputi faktor keluarga, faktor lingkungan, faktor belajar yang menyimpang dan faktor kurang perhatian dari orang tua. Mengenai upaya-upaya untuk mengatasi tindak pidana yang dilakukan oleh anak terdiri dari upaya preventif meliputi menyelenggarakan program khusus anak, meningkatkan kualitas sumber daya manusia aparat penegak hukum dan memberikan sosialisasi mengenai kesadaran hukum masyarakat sedangkan upaya represif meliputi rehabilitasi psiko-sosial terhadap pelaku tindak pidana dan melaksanakan peraturan perundang-undangan mengenai sistem peradilan pidana anak. Selain upaya tersebut, upaya lain yang dapat dilakukan adalah dengan pembinaan kepribadian dan pembinaan kemandirian. Kata Kunci: Kriminologi, Tindak Pidana Pembunuhan, Kejahatan Oleh Anak.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 27 Jan 2016 11:06
    Last Modified: 27 Jan 2016 11:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23215

    Actions (login required)

    View Item